Konversi File Model 3D Interaktif di Jmol ke Format U3D

Kamis, 30 Januari 2020 edit

Untuk kebutuhan tertentu kadang perlu untuk memasukkan model interaktif 3D (tiga dimensi) ke dalam file pdf (Portable Document Format), misalnya. Model interaktif 3D yang dimaksud seperti model molekul 3D yang dapat ditampilkan dalam Jmol maupun aplikasi pengolah obyek 3D lainnya. Setidaknya sampai saat ini ada 2 format file 3D yang dapat dimasukkan dalam file pdf menggunakan tool Rich Media yaitu format U3D (Universal 3D), dan PRC (Product Representation Compact). Berikut cara mengubah file 3D terutama yang didukung oleh Jmol ke format u3d.

File u3d merupakan format file umum yang dapat dibuka dengan banyak software penampil 3D. bahkan dapat disisipkan ke dalam file pdf. Atau dalam versi mobile dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi seperti 3D PDF Reader.
Jmol sebagai salah satu software open source yang banyak digunakan dalam menampilkan molekul secara 3D yang dapat membuka berbagai jenis file dalam dunia pemodelan kimia. Jmol sudah memberikan tool konversi intermediet agar format model molekul 3D-nya dapat di tambahkan ke file lain.

Jmol dapat mengubah file yang ia dapat buka, kemudian file tersebut diubah menjadi file idtf (Intermediate Data Text Format). File idtf inilah selanjutnya dapat diubah ke format u3d.

Terasa kurang praktis memang, tapi sekarang ini sudah lebih dari cukup, semoga kelak ada pengembang yang membuat aplikasi pengonversi  file langsung dari Jmol ke u3d.

Berikut cara konversi file-file yang dapat dibuka dari Jmol untuk dikonversi ke format u3d.

Alat yang dibutuhkan:
  1. Software Jmol (bila belum punya unduh dan simak tutorialnya di sini)
  2. File atau model molekul 3D yang akan dikonversi yang dapat dibuka di Jmol; 
  3. Aplikasi IdtfConverter (Unduh dari sini dan ekstrak hasil unduhan, ingat folder letak hasil ekstrak ini); 
  4. Command Prompt Windows.
Prosedur:
  1. Jalankan Jmol dan bukan model molekul 3D, misalnya molekul alanin.  (kalau belum punya sila unduh model molekul alanin dari sini).
  2. Buka Submenu Konsul dari Menu File di Jmol.


  3. Konversi (ekspor) model molekul 3D alanin yang ada di Jmol menjadi format idtf. Ketik tulisan seperti berikut dalam Konsul:
    $ write IDTF alanin.idtf 
    tekan enter.


    Tunggu beberapa saat hingga konversi ke idtf selesai diproses. Biasa file hasil konversi idtf ini akan disimpan dalam folder  ... \Jmol-14.xx.xx-binary\jmol-14.xx.xx.


  4. Pindahkan (salin/kopi) file alanin.idtf ke folder letak idtfConverter. exe hasil ekstrak-an berada. Pada tutorial ini ditempatkan di  C:\U3D_A_061228_5\Bin\Win32\Release


  5. Buka Command Prompt windows, kemudian ikuti petunjuk dalam gambar berikut.



    Hasil konversi akan ditampilkan dalam folder seperti berikut.


  6. Selesai. 
Cara di atas adalah satu cara, masih ada cara lain dan akan ditulis pada tutorial terpisah selanjutnya.

Contoh file alanin.u3d yang sudah disisipkan ke dalam file pdf. Untuk pengguna android sebaiknya membuka file tersebut dengan aplikasi 3D pdf reader. Untuk pengguna di komputer pc/mac dapat langsung dibuka dengan menggunakan adobe reader atau acrobat, dengan mengaktifkan fitur (options) pembacaan 3D pdf.


Berikutnya akan diberikan tutorial bagaimana cara memasukkan file u3d ke dalam dokumen PDF dan bersifat 3D interaktif.

CMIIW.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info