Penerjemah Teks dalam Berbagai Format (PDF, DOC, PPT, Web, Gambar, dll) secara Langsung

Kamis, 31 Oktober 2019 edit

Pada tulisan sebelum ini telah dibahas tutorial cara mengetahui arti kata atau kalimat asing ketika sedang menjelajah informasi melalui mesin penjelajah (browser) Chrome. Sekarang dibahas cara menerjemahkan teks-teks di luar mesin jelajah. Menerjemahkan kata atau kalimat pada teks dalam berkas pdf, docx, dan lain-lain, bahkan teks dalam gambar juga dapat dilakukan.

Ya kita dapat menggunakan QTranslate. Untuk menggunakan apliksi kecil ini memang masih memerlukan koneksi internet, harus daring (online). QTranslate ini merupakan penerjemah gratis untuk Windows.

Unduh aplikasinya dari sini, kemudian memasangnya (install) ke Windows komputer.

Untuk menjalankan QTranslate sila akses dari Start > Folder QTranslate > QTranslate. Atau dapat pula diakses melalui shorcut QTranslate di desktop Windows.


Aplikasi ini akan aktif dan berjalan di belakang layar dan masih dapat di akses pada dengan klik Show Hidden Icon pada pojok kanan bawah Windows. Bila tidak juga berjalan sila klik ikon QTranslate hingga berubah menjadi warna hijau.


Shorcut Keyboard
Pertama cukup memilih (memblok) teks yang ingin diterjemahkan.
 Ctrl + Q  untuk menunjukkan terjemahan dalam jendela popup,
Double Ctrl  untuk menunjukkan terjemahan dalam jendela utama),
Ctrl + E  teks berbicara,
 Ctrl + Shift + Q  pencarian kamus.

Kita juga dapat membuka jendela utama dan ketik teks secara manual. Shortcut keyboard ini bila tidak aktif (tidak berfungsi) dapat diaktifkan dengan cara klik kanan ikon pada kotak hidden icon, kemudian pilih Option, pindah ke Kotkeys, dan centang pada Enable hotkeys seperti gambar berikut.


Hasil terjemahan juga langsung dapat disalin dengan menekan ikon Copy translation to clipboard.


Untuk menerjemahkan teks pada gambar, buka gambar yang mengandung teks yang akan diterjemahkan, kemudian klik kanan ikon QTranslate pada ikon tersembunyi di pojok kanan bawah Windows (dekat penunjuk waktu), klik kanan ikon QTranslate, pilih Text recognition. Blok teks dalam gambar kemudian tekan Enter di keyboard.

Selamat mencoba dan mengeksplorasi kegunaan dan fitur QTranslate, bagi yang belum pernah menggunakan QTranslate.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info