Pembahasan Soal Kimia KSM Provinsi 2022 Bagian-3

Jumat, 16 Juni 2023 edit

Berikut ini pembahasan 10 soal kimia Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi (KSM-P) Tahun 2022 bagian-3 yang terdiri dari soal nomor 21-30. Bagian-1 dapat dilihat di tautan ini dan  bagian-2 dapat diakses dari sini. Sumber soal asli dan bidang lain dapat diunduh dari sini. Pembahasan soal KSM-Kab/Kota 2022 juga dibagi menjadi 3 bagian dapat dilihat bagian-1, bagian-2, dan bagian soal isian. Mohon koreksi bila ada pembahasan yang kurang tepat.

Soal #21 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Islam mengajarkan kita untuk menolong sesama, terlebih membantu orang sakit yang membutuhkan pertolongan. Pasien di rumah sakit seringkali memerlukan larutan infus glukosa + natrium klorida yang isotonis untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengoreksi ketidakseimbangan elektrolit.
Agar larutan glukosa monohidrat 0,25% sebanyak 400 mL menjadi isotonis (0,52 oC) dengan plasma darah, maka massa natrium klorida harus ditambahkan adalah …. gram.

(Diketahui massa molar, g.mol–1, C = 12, H = 1, O = 16, Na = 23, Cl = 35,5; Kb = 1,86 oC/molal dan α NaCl = 0,81,  dan jawaban ditulis dua angka desimal)



Soal #22 KSM-Provinsi 2022

Alqur’an memerintahkan kita untuk tidak membuat kerusakan di bumi sebagaimana ayat berikut:

وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوْاْ فِى اْلْاَرْضِ قَالُوٓاْ اِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ

Salah satu upayanya adalah mencegah kerusakan biota air akibat limbah. Limbah ampas tahu mengandung Nitrogen yang tinggi dan dapat meningkatkan kematian biota air. Untuk menurunkan nitrogen dalam air limbah ampas tahu digunakan arang aktif, yang mengabsorbsi ion Nitrit dan Nitrat, dan menurunkan Chemical Oxygen Demand (COD), dengan hasil berikut:

(Diketahui Standar Baku Mutu Limbah Cair untuk kandungan COD, Nitrit dan Nitrat dalam mg.L–1 berurutan adalah 80, 0,06 dan 10).

Pernyataan yang tepat adalah:

  1. Waktu adsorbsi optimal adalah 30 menit dan pH optimum penurunan kadar COD, nitrit dan nitrat adalah 7.
  2. Setelah 45 menit terjadi penurunan adsorbsi terus menerus karena pori arang aktif telah terisi penuh.
  3. Kadar COD dan Nitrit belum bisa mencapai dibawah baku mutu yang telah ditetapkan
  4. Pada QS Al-Baqarah ayat 11 di atas terdapat kata تُفْسِدُوا۟ yang dapat berarti membuat kerusakan
  5. Ayat di atas tertera dalam surah Al-Baqarah ayat 20, dimana terdapat kata مُصْلِحُونَ yang berarti membuat perbaikan
  1. 1, 2, 4
  2. 1, 3, 5
  3. 2, 3, 4
  4. 2, 3, 5



Soal #23 KSM-Provinsi 2022

Efek pemanasan global telah disampaikan dalam Alqur’an (QS. Ar-Rum ayat 41), yang hikmahnya kita diminta agar memperbaiki diri dan kembali (ke jalan yang benar). Diantara penyebab pemanasan global adalah meningkatnya konsentrasi CO2 di udara akibat dari pembuangan proses industri. Mikroalga Tetraselmis chuii dapat membantu reaksi fotosintesis di dalam suatu bioreaktor, guna mengurangi konsentrasi CO2 dari limbah industri dengan data sebagai berikut:

Data di atas menunjukkan bahwa:

  1. Konstanta laju reaksi (k) tidak dipengaruhi oleh besarnya konsentrasi masukan CO2 .
  2. Nilai konstanta tertinggi pada konsentrasi 9% dan suhu 30 oC dengan nilai konstanta 0,152.
  3. Linieritas hasil percobaan menunjukan bahwa orde reaksi yang digunakan adalah order nol.
  4. Peningkatkan suhu menaikkan konstanta laju dan tidak terganggu oleh menurunannya kualitas mikroalga.
  5. Suhu yang tinggi menurunkan jumlah mikroalga yang berfungsi baik sehingga serapan CO2 menurun.

Pernyataan yang benar adalah ....

  1. 1, 2, 3
  2. 1, 3, 5
  3. 2, 3, 4
  4. 2, 4, 5



Soal #24 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi penyelam di dalam air atau pasien dengan kebutuhan medis, dapat dibuat oksigen buatan dalam sebuah tabung. Sebuah tabung yang memiliki volume tetap sebesar 100 liter diisi sejumlah tertentu gas O2 sehingga tekanannya menjadi 2 atm pada 25 oC. Jika ke dalam tabung tersebut ditambahkan sejumlah tertentu gas N2 hingga tekanannya menjadi 2,5 atm, maka selisih massa awal gas O2 yang terdapat di dalam tabung tersebut dengan massa nitrogen adalah ….  gram

(Jawaban dalam bentuk angka desimal dan ditulis satu angka di belakang koma)

Diketahui massa molar, g.mol–1, O = 16, N = 23, dan R = 0,082 L atm mol–1K–1



Soal #25 KSM-Provinsi 2022

Tanaman karamunting (Rhodomyrtus tomentosa) merupakan gulma dan hanya dibiarkan menjadi semak belukar serta tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Dari hasil penapisan fitokimia pada daun dan buah karamunting diketahui positif mengandung senyawa tanin, yang dapat digunakan sebagai inhibitor penghambat korosi pada aluminium. Aluminium terkorosi oleh basa, menurut reaksi berikut: 

Dari informasi di atas, pernyataan yang tepat adalah:

  1. Gugus hidroksil pada molekul tanin dapat membentuk ikatan kovalen koordinasi yang melindungi aluminium dari alkali.
  2. Tanin berperan sebagai agen chelat, membentuk senyawa kompleks dengan ion aluminium, mencegah masuknya ion hidroksil.
  3. Daya inhibisi dari ekstrak karamunting semakin meningkat seiring dengan bertambahnya konsentrasi tanin.
  4. Selama waktu 15 menit, korosi menghilangkan massa aluminium sebesar 0,0898 dan dengan inhibitor 0,0698.
  5. Pengaruh penambahan Inhibitor sejalan waktu terhadap penurunan korosi logam aluminium mengikuti orde 1.
  1. 1, 2, 3
  2. 1, 2, 4
  3. 2, 3, 4
  4. 3, 4, 5



Soal #26 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Kalsium klorida bermanfaat sebagai suplemen kalsium bagi tubuh. Sifatnya yang higroskopis menyebabkan perlunya kehati-hatian dalam penyimpanan dan pembuatan larutannya. Suatu larutan kalsium klorida akan dibuat dengan cara melarutkan 25 g CaCl2 dalam 500 g H2O. Bila diketahui air pada 80 oC mempunyai tekanan uap 355 torr, dan CaCl2 diasumsikan bukan suatu elektrolit, maka tekanan uap larutan ini pada 80 oC adalah …. torr (Jawaban berupa bilangan bulat)



Soal #27 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Al-Quran Surat Al-Infithar 7-8 menjelaskan pentingnya menjaga keseimbangan tubuh. Magnesium oksida adalah suplemen mineral yang digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi hipomanesimia. Penetapan kadarnya dapat dilakukan dengan cara titrasi.

Suatu sampel magnesium oksida tak murni yang beratnya 0,30 gram dititrasi dengan 48,0 ml larutan HCl (3,00 ml HCl = 0,04503 gram CaCO3 ). Kelebihan HCl dapat dinetralkan dengan  2,40 ml larutan  NaOH 0,40 N. Maka kandungan MgO dalam sampel adalah …. %
(Jawaban merupakan pembulatan tanpa bilangan desimal)



Soal #28 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Pemanfaatan limbah menjadi bahan yang bermanfaat merupakan bagian tanggung jawab kita sebagai muslim. Abu layang merupakan limbah yang mengandung unsur karbon. Saat ini telah dimodifikasi menjadi bentuk senyawa Zeolit A yang dapat dimanfaatkan sebagai penyaring n-alkana dalam minyak bumi, dengan hasil data penyaringan molekul sebagai berikut:

Dari data di atas dapat diperoleh persentase efisiensi efektivitas kemampuan Zeolit A dalam menyerap n-alkana. Selisih efisiensi penyaringan n-alkana tertinggi dengan yang terendah oleh zeolite A adalah sebesar ….%

(Jawaban ditulis dua angka desimal)



Soal #29 KSM-Provinsi 2022 (Soal Isian)

Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh, badanmu memiliki hak atas dirimu." (HR. Muslim).
Di antara hak badan adalah mengobati pada saat sakit. Kalium permanganat merupakan senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai obat antiseptik. Namun produksi kalium permanganat memerlukan dua reaksi terpisah. Reaksi pertama, mangan dioksida (berasal dari mineral pirolusit) diubah menjadi kalium manganat  melalui reaksi dengan KOH cair dan oksigen.

Persamaan kimianya,
MnO2(s) + KOH(l) + O2(g) → K2MnO4(s) + 2H2O(l)     (belum setara)

Reaksi kedua, kalium manganat diubah menjadi kalium permanganat.

Persamaan kimianya,
K2MnO4(s) + Cl2(g) → KMnO4(s) + KCl(aq)   (belum setara)

Jika diketahui massa molar, g mol–1, K = 39; Mn = 55; O = 16; Cl = 35,5; H = 1; maka jumlah KMnO4 yang akan diproduksi dari 1000 gram MnO2 adalah …. gram.
(Jawaban ditulis dua angka desimal)



Soal #30 KSM-Provinsi 2022

Inspirasi pesawat terbang dalam Qur’an dianalisis oleh Abbas Ibnu Firnas dalam surat Al-Mulk ayat 19 berikut:

اَوَلَمْ يَرَوْاْ اِلَى اْلطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صٰۤفّٰتٍ وَيَقْبِضْنَۘ مَا يُمْسِكُهُنَّ اِلَّا اْلرَّحْمٰنُۗ اِنَّهٗ بِكُلِّ شَيْءٍۢ بَصِيْرٌ

Ayat ini menginspirasi pentingnya gaya dorong (T), hambat (D), gaya angkat pesawat (L), dan gaya berat oleh pesawat (W). Penelitian selanjutnya berkembang untuk menyusun material badan pesawat terbang menggunakan pengetahuan tentang sifat fisika kimia unsur/senyawa tertentu dengan memperhatikan 4 hal ini, dengan komposisi yang berbeda sesuai tujuan peruntukan pesawat terbang.

Pernyataan yang tepat dan alasannya adalah:

  1. Pesawat jenis AX memilih Aluminium dengan konsentrasi logam tertinggi karena massa jenis yang ringan dan tahan korosi
  2. Pesawat jenis UZ baik untuk jenis pesawat komersil jika dilihat dari komposisi logamnya didominasi oleh logam Titanium
  3. Baja (campuran Fe, C, Ni, Cr dan V) dibutuhkan pesawat AX dan UZ karena kekuatannya namun dalam jumlah kecil karena korosif dan berat.
  4. Pembuatan pesawat menduplikasi cara terbang burung ciptaan Allah SWT, di mana kata pada ayat di atas berarti burung-burung ٱلَّطيْرِ .
  5. Arti kata صٰۤفّٰتٍ yakni mengembangkan, وَّيَقْبِضْنَۘ mengatupkan, dan يُمْسِكُهُنَّ  yang menahan mereka, menjadi inspirasi pembuatan pesawat
  1. 1, 2, 3
  2. 1, 4, 5
  3. 2, 3, 4
  4. 2, 4, 5


Terima kasih kepada kawan-kawan di Grup Rukimad Nasional latas diskusi pembahasan soal-soal KSM Kimia 2022 ini. KSJSS.

Bagikan di

1 komentar:

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info