Tata Nama Hidrokarbon dengan Cabang yang Bercabang, Rantai Samping Bercabang

Jumat, 11 Januari 2019 edit

Berikut ini contoh penamaan senyawa organik dengan cabang yang mempunyai cabang lagi.
Contoh cabang yang yang memiliki cabang biasa menggunakan awalan iso-, sek-, ter-. Pada aplikasi kimia untuk menggambar struktur ternyata memberikan penamaan yang jarang ditemui pada buku kimia Indonesia. Aplikasi tersebut padahal dibuat berdasar aturan baku yang dibuat IUPAC. Tulisan ini akan sedikit memberi ulasan sehingga dapat dipahami.




Sebelum menyimak tulisan ini sebaiknya memahami dahulu tentang aturan penulisan struktur molekul dengan sistem kerangka/skeletal.

Setiap cabang yang bercabang terdapat setidaknya 2 alternatif penamaan seperti pada gambar struktur berikut. Ingat dalam sistem skeletal setiap sudut dan ujung berarti terdapat atom C, kecuali ditulis atom lain. Setiap atom C primer memiliki atom H sebanyak 3, atom C skunder memiliki atom H sebanyak 2, atom C tersier memiliki 1 atom H yang diikatnya.

Ringkasan rumus struktur, rumus molekul dari: iso-alkil, sek-alkil, ter-alkil, neo-alkil, alkanil











Contoh dalam molekul hidrokarbon untuk cabang bercabang, atau rantai samping bercabang.









Silakan dikoreksi bila terdapat kekurangtepatan dalam penulisan atau penggambaran struktur molekul, silakan menulisnya pada kotak komentar yang tersedia. Terima kasih.
Bagikan di

1 komentar:

  1. Salam
    Izin bertanya pak urip
    Misal ada cabang (x-metilbutil) dan cabang etil, saat penulisan nama senyawa cabang mana yg dituliskan lebih dulu (secara alfabet) ?
    Trims

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info