Pemodelan Orbital Atom Offline Berbasis Jmol

Rabu, 01 Januari 2020 edit

Berikut ini adalah file zip yang saya peroleh dari web kimia stolaf edu. File ini berisi aplikasi Hydrogenic Orbitals dengan menggunakan Jmol. Orbital yang ditampilan hampir sama seperti yang ada di web asalnya, hanya ini dikemas dalam format offline, tanpa perlu jaringan internet. Silakan unduh filenya lebih dahulu pada tautan di bawah. Bagaimana cara penggunaannya silakan simak pada tutorial singkat pada video berikut.

Aplikasi ini murni menggunakan Jmol, software opensource, untuk pemvisualan model molekul. Berbeda dengan software Orbital Viewer (bila belum pernah pakai sila unduh Orbital Viewer dari sini). Aplikasi Hydrogenic Orbitals ini lebih lengkap visualnya dengan harapan dapat dipahami penggunanya. Kalau kurang paham maksudnya sila simak referensi terkait orbital atom lagi.


Tampilan orbital diperoleh dengan persamaan matematika rumit, sehingga dapat di-generate menjadi visual orbital lengkap dan kompleks, bahkan untuk orbital g pun sudah dapat divisualkan di sini.



Cara Menginstall WAMP di Windows

Aplikasi ini berbasis web dan mengharuskan di komputer yang akan digunakan harus terinstall server virtual, misalnya menggunakan XAMPP atau WAMP atau yang sejenis.

Bila di komputer belum terpasang sila unduh dan pasang (install) Wampserver sesuai dengan tipe sistem windows. Bila tidak yakin gunakan saja Wampserver 32 bit.

Unduh dari tautan berikut untuk Wampserver 32bit
ATAU 
Unduh dari tautan berikut untuk Wampserver 64bit.

Silakan install Wamp dengan klik ganda file wamp**bit.exe dan ikuti petunjuk yang diberikan selama proses pemasangan.

Detilnya dapat disimak melalui video berikut.




Cara Menjalankan Aplikasi Hydrogenic Orbitals

Dengan asumsi di komputer telah terpasang WampServer berikutnya adalah mengunduh aplikasi Hydrogenic Orbitals dan menjalankannya dengan WampServer.

Unduh aplikasi Hydrogenic Orbitals dari Stolaf dot edu dengan klik tautan ini.

Selanjutnya silakan simak video tutorial cara menggunakan aplikasi Hydrogenic Orbitals dari Stolaf Edu.


Andai aplikasi Hydrogenic Orbitals belum bisa tampil seperti dalam video, mungkin di komputer yang digunakan belum dipasang Java Runtime Eviroment (JRE). Sila pasang JRE lebih dahulu. Unduh JRE dari sini, setelah terunduh pasang dengan klik file hasil unduhan dan ikuti petunjuk yang diberikan pada layar.

Bila kesulitan untuk mengakses dari drive komputer silakan klik dari tautan  (http://localhost/orbitals/index.html), tentu saja kalau semua yang dibahas di atas sudah terpasang di komputer. Jangan sungkan langsung menulis komentar di bagian bawah postingan ini kalau ada hal yang kurang jelas.

Selamat belajar untuk menyiapkan masa depan diri agar semua menjadi lebih baik. Semoga kimia Indonesia semakin maju.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info