Konversi File 3D dari Jmol dan Software 3D Lain Menggunakan MeshLab

Jumat, 31 Januari 2020 edit

MeshLab merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah file 3D tertentu menjadi file 3D jenis lain. Misalnya akan mengubah file xyz menjadi file u3d, buka file xyz di MeshLab (freeware) kemudian Export Mesh As... Pilih jenis file yang dikehendaki dan klik Ok, selesai.


Kemampuan impor/ekspor file dalam MeshLab:
  • Impor file dari ekstensi: PLY, STL, OFF, OBJ, 3DS, COLLADA, PTX, V3D, PTS, APTS, XYZ, GTS, TRI, ASC, X3D, X3DV, VRML, ALN.
  • Ekspor ke file dengan ekstensi: PLY, STL, OFF, OBJ, 3DS, COLLADA, VRML, DXF, GTS, U3D, IDTF, X3D.
Untuk mengunduh sila kunjungi web resmi MeshLab dari sini atau menggunakan tautan alternatif di sini (file zip). Setelah berhasil diunduh (file MeshLab2016.12.exe) langsung klik ganda untuk menginstall-nya, ikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai. Untuk unduhan dari tautan alternatif sila ekstrak lebih dahulu.
Pada versi MeshLab 2016 terdapat sedikit masalah ketika mengonversi file 3D ke file u3D. Memang perlu tambahan plugins ini. Pengembang sudah memberi solusi untuk menambah plugins IDTFConverter agar dapat konversi ke u3d.  Unduh plugins-nya pada tautan di bawah ini.

Bagi MeshLab Windows, unduh plugins IDTFConverter di sini.
Bagi MeshLab MacOs, unduh plugins IDTFConverter di sini.
Bagi MeshLab Linux, unduh plugins IDTFConverter di sini.

Setelah terundah ekstrak dan salin folder hasil ekstrak ke folder plugins Meshlab. Letakn folder pulgins kalau yang versi Windows (64-bit) ada  C:\Program Files\VCG\MeshLab\plugins.

Coba jalankan ulang MeshLab dan gunakan untuk konversi file 3D tertentu menjadi file u3d. Jika tidak ada pesan error berarti semua sudah Ok. Selanjutnya file hasil konversi dapat digunakan atau dibuka dengan aplikasi lain, misalnya untuk ditambahkan ke dalam dokumen 3D-pdf.

Berikut langkah konversi file 3D di Jmol menjadi file WRL kemudian di ubah menjadi file U3D melalui MeshLab.

1). Buka file model molekul 3D menggunakan Jmol, konversi file menjadi file berkestensi WRL menggunakan konsul menggunakan perintah write seperti pada gambar berikut.


2). Buka file WRL hasil konversi dari Jmol tersebut, menggunakan MeshLab. Kemudian Export Mesh As (dari menu File di MeshLab) menjadi file u3d.



3). File u3d (Universal 3D) siap dibuka atau digunakan untuk kebutuhan lebih luas. File u3d memang bersifat lebih umum dapat disisipkan ke dalam berbagai format file lain dan masih bersifat interaktif 3D.

Prinsip konversi dari file model molekul 3D adalah menjadikan file model molekul agar dapat diimpor dari MeshLab kemudian MeshLab dapat mengekspor ke file yang didukungnya.

Jmol sendiri dapat melakukan ekspor ke file:  IDTF,  OBJ,   STL,  VRML,  WRL,  X3D, MAYA, POVRAY, V3000. ekspor dari Jmol ini dapat dilakukan dengan perintah write pada Konsul Jmol. Kebetulan ada 6 jenis file (IDTF,  OBJ,   STL,  VRML,  WRL,  X3D) yang dapat ditangani Jmol yang dapat diimpor MeshLab.

Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info