Struktur Lewis (Titik-Garis) dalam Ms. Word

Kamis, 24 Oktober 2019 edit

Menggambar atau menulis struktur Lewis kadang menjadi pekerjaan yang melelahkan kalau memang harus dibuat dalam format yang tidak semestinya, misalnya dalam format *.docx (Ms. Word) atau format *.pptx (Ms. Powerpoint). Ini sering diperlukan untuk tujuan tertentu dan dengan keterbatasan tertentu pula. Untuk tujuan seperti itu dalam tulisan ini dibagikan dalam format docx agar langsung dapat memudahkan guru mengajar cara menggambar model molekul dengan struktur Lewis.
Gambar struktur Lewis model titik dan garis ini dibuat dengan tujuan memudahkan pengajaran dalam bahasan ikatan kimia. Gambarnya di buat transparan dengan Wrap TextIn Front of Text sehingga bebas ditempatkan di posisi mana pun yang dikehendaki. Fokusnya adalah untuk ikatan kovalen saja.


Untuk menggunakan, salin gambar struktur Lewis untuk atom yang sesuai ke halaman baru atau dokumen baru. Sila seret dan dekatkan antara atom yang satu dengan atom yang lain agar terbentuk struktur Lewis molekul yang dikehendaki.

Saran saja agar gambar struktur Lewis yang sudah dibuat tidak berantakan sila di-grouping. Caranya dengan menyeleksi semua bagian yang akan digabung dalam group. Untuk menyeleksi atau memblok sila tekan tombol Shift di keyboard komputer kemudian klik bagian-bagian dengan pointer kemudian klik kanan > Group > Group. Selesai. Agar bebas memindahkan sila klik kanan Wrap Text > In Front of Text.

Simulasinya sila simak gambar gif berikut.


Berkas struktur Lewis ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas, juga dapat dibagikan ke siswa untuk latihan menyusun struktur Lewis secara mandiri atau terbimbing. Bila dikehendaki sila cetak dengan ukuran agak besar dan gandakan agar siswa dapat memainkan tanpa menggunakan komputer lagi.

Klik di sini untuk unduh berkas Struktur Lewis dalam Ms. Word.
Semoga bermanfaat.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info