Menampilkan Orbital Atom Secara Digital

Jumat, 18 Oktober 2019 edit

Alternatif pemvisualan orbital-orbital atom dapat dilakukan secara digital dalam jaringan (daring/online) dengan berbagai parameter yang dapat ditentukan pengguna. Prespektif pandangan dari berbagai sudut termasuk memutar orbital, dan relatif mudah dipahami. Tidak perlu repot menyiapkan bahan yang tidak seharusnya, sangat ekonomis.

Aplikasi yang berbasis Jmol ini disediakan secara cuma-cuma, bebas diakses oleh siapapun. Model aplikasi ini sebenarnya juga dapat kita pasang di komputer sendiri sehingga tanpa perlu akses internet lebih dahulu. Hanya saja kita harus memahami prinsip kerja dari Jmol itu sendiri dan melakukan pengaturan. Kalau tidak mau repot gunakan saja hasil pengembangan dari  Tim Kimia St. Olaf College.

Berikut sedikit petunjuk yang dapat dijadikan penuntun bila hendak menggunakannya.

Aplikasi orbital online dapat diakses dari sini .

Akan ditampilkan layar seperti berikut:
Kita tinggal memilih bilangan kuantum utama (𝓃), bilangan kuantum azimuth (𝓁) dan bilangan kuantum magnetik (𝓂𝓁) dengan cara klik tombol > < yang ada di sisi kiri dan kanan setiap bilangan kuantum untuk meningkatkan atau menurunkan nilai bilangan kuantum. Tunggu beberapa saat hingga bentuk orbital yang sudah dipilih akan ditampilkan.

Display mode ada beberapa, sila pilih dan coba sesuai kebutuhan.

Bila sudah muncul orbital yang dikehendaki kita bisa menggunakan scrool up/dows pada mouse untuk memperbesar/memperkecil tampilan bentuk orbital. Selain itu di sisi kanan juga tersedia tool bar untuk meninjau model orbital dari berbagai sumbu baik sisi sumbu positif maupun negatif dari sumbu xyz.


Bila menghendaki latar orbital berwarna hitam sila centang Background to black.

Bila ingin mengganti orbital untuk bilangan kuantum lain dapat klik tombol reset yang ada di pojok kanan atas. Jangan lupa bila mengganti bilangan kuantum klik tombol Update Orbital.

Semoga bermanfaat buat pembelajaran kimia Indonesia.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info