Chemicalize.com Website untuk Mempelajari Senyawa Kimia

Jumat, 11 Oktober 2019 edit

Kehadiran website yang boleh digunakan oleh umum untuk melihat berbagai data senyawa kimia, atau menggambar molekul secara gratis akan sangat membantu guru, siswa, mahasiswa. Ada beberapa memang dan salah satunya adalah website chemicalize.com ini.




Seingat saya, admin urip.info ini dahulu merupakan plug-in wordpress untuk menampilkan struktur molekul secara otomatis ketika kursor ditaruh di atas nama senyawa seperti pernah ditulis di sini, namun sekarang sudah tidak dapat digunakan karena memang chemicalize bergabung sepenuhnya ke Chemaxon.


Chemicalize.com ini menggunakan basis MarvinSketch, hanya tidak semua fitur ditampilkan. Untungnya pengguna tidak lagi perlu menginstall MarvinSketch. Beberapa fitur yang hadir pada website chemicalize.com dan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran kimia SMA atau perkuliahan antara lain:

  • Menggambar molekul secara manual baik 2D maupun 3D teroptimasi disertai data-data penting seperti sifat-sifat dasar struktur molekul (rumus kimia, massa molar, komposisi unsur dalam molekul), nama dan identifier berbagai format.


  • Nilai pKa pada berbagai pH baik nilai pKa dan pKb
  • Titik Isoelektrik
  • LogP dan LogD
  • Kelarutan

  • Geometry
  • H-NMR beserta grafik-nya
Semua fitur tadi biasanya tidak tersedia dalam MarvinSketch yang bukan versi berbayar, tetapi dengan Chemicalize itu tersedia.

Selain menggambar molekul sendiri juga tersedia tautan untuk mencari molekul atau spesi lain yang dapat diakses melalui menu Structure Search dengan mengetik nama struktur atau kode format SMILES maupun InChl kemudian memilih struktur yang sesuai dengan yang dicari.

Data-data berdasarkan hasil penelitian tentang molekul yang kita cari dapat langsung merujuk pada database yang dapat diakses umum. Sepertinya ini akan dapat digunakan referensi tingkat lanjut juga.

Selamat mengeksplorasi chemicalize.com.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info