Simulasi Interaktif tentang Kepolaran Molekul

Jumat, 08 November 2019 edit

Simulasi dari Phet Colorado ini sangat bagus digunakan untuk mempelajari kepolaran molekul. Mudah dipahami dan mudah digunakan. Terdapat simulasi molekul yang terdiri 2 atom dan molekul terdiri 3 atom. Untuk simulasi kepolaran molekul nyata tidak dapat dijalankan dalam format HTML 5 (di browser) tetapi dapat dijalankan dalam format Java, sila unduh format Java-nya kemudian dijalankan dengan sistem operasi yang telah terpasang java runtime.
Cara menggunakan simulasi kepolaran molekul
Sila klik Two Atoms untuk molekul yang mengandung dua atom berbeda, dan pilih ThreeAtoms untuk molekul yang mengandung tiga atom berbeda.


Kita dapat mengubah keelektronegatifan atom-atom dalam molekul dengan menggeser tombol penggeser ke kiri atau ke kanan untuk setiap atom.

Di sini kita dapat mengamati karakter ikatan apakah molekul lebih dominan bersifat kovalen atau ionik, caranya dengan memberi tanda centang pada Bond Character di menu View.

Selain itu kita juga dapat melihat arah dipol ikatan bila mencentang Bond Dipole, juga dapat melihat muatan parsial setiap atom dalam molekul bila mencentang Partial Charges. Untuk molekul 3 atom terdapat tambahan dipol molekul, bukan hanya dipol ikatan seperti pada molekul 2 atom.

Masih dalam menu View bagian Surface terdapat pilihan untuk menampilkan potensial elektrostatik (Elektrostatic Potential) dan kerapatan elektron (Electron Density) di sekitar molekul, sila centang keduanya bila ingin menampilkannya, dan klik None untuk menyembunyikannya.

Untuk me-reset dalam keadaan awal sila klik tombol reset di pojok kanan bawah.


Untuk mengunduh simulasi dalam format HTML5 yang dapat dijalan dengan Browser (seperti Chrome, Firefox, dll) silakan klik di sini. Tautan alternatifnya ada di sini.

Untuk format jar - java (kepolaran molekul nyata) dapat diunduh dari sini atau pada tautan alternatifnya di sini.

Molekul-molekul yang tersedia seperti pada gambar berikut.


Terima kasih Phet!
Selamat belajar Indonesia.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info