Manakah Aplikasi yang Lebih Mudah Digunakan untuk Menggambar Model Struktur Molekul ala Lewis?

Jumat, 08 November 2019 edit

Menurut pengalaman menggunakan ChemSketch, MarvinSketch, dan ChemDraw, ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing untuk digunakan menggambar model 2D struktur molekul ala Lewis. Mana yang paling bagus secara visual, paling fleksibel? Berikut ulasannya.

Kemudahan dan fleksibilitas dalam menggambar struktur Lewis sutau molekul sebenarnya bersifat subyektif, tergantung pada kefamiliaran pengguna itu sendiri. Berikut ini ulasan berdasarkan mode default yang ada pada masing-masing software.


Visual struktur Lewis
Secara visual struktur Lewis dibuat dengan MarvinSketch adalah yang terbaik, diikuti ChemDraw dan ChemSketch. Berikut ini contoh model molekul H2SO4.
MarvinSketch unggul karena secara visual gambar garis ikatan ditunjukkan dengan dua warna sesuai warna atom-atom yang berikatan, dan pewarnaan ini dibuat secara otomatis. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh ChemDraw maupun ChemSketch. Tampilannya gambar juga relatif smooth, tidak terlihat ada gerigi.

Silakan simak video berikut untuk melihat cara menggambar struktur molekul H2SO4 dengan menggunakan software masing-masing.


Fleksibilitas untuk mengubah tampilan
Dalam hal fleksibilitas ChemSketch yang paling fleksibel, diikuti oleh ChemDraw, dan MarvinSketch.

Fleksibilitas ChemSketch
Pengguna bebas meletakkan dan memutar posisi dot elektron bahkan menggunakan simbol elektron berbentuk tanda silang, termasuk mengubah warna per dot elektronnya. Bila hendak menunjukkan beda elektron dari atom berbeda dapat dimanipulasi dengan menggunakan dot/cross elektron radikal (elektron tunggal). Sayangnya tampilan garis dan dot ChemSketch kurang smooth dibanding dua yang lainnya. Untuk mengubah garis agar dua warna sesuai dengan atom yang berikatan tetap tidak dapat dilakukan.

Fleksibilitas ChemDraw
Pengguna bebas meletakkan dan memutar posisi dot elektron, termasuk mengubah warna per dot elektronnya. Bila hendak menunjukkan beda elektron dari atom berbeda dapat dimanipulasi dengan menggunakan dot elektron radikal (elektron tunggal. Tampilan garis dan dot ChemDraw ini relatif smooth dan dapat diubah warnanya. Sayangnya pengguna tidak dapat membuat garis ikatan dengan warna berbeda untuk menyesuaikan warna atom yang dihubungkannya.

Fleksibilitas MarvinSketch
Pengguna memang bebas mengubah warna atom, dan warna ikatan serta dot elektron juga akan otomatis berubah. Sayangnya tata letak dot elektron tidak dapat diubah, ia bersifat fix sesuai standar bawaan.

Kemudahan dan kecepatan Menggambar
Jika hendak menggambar model struktur molekul ala Lewis yang menggunakan model garis dan dot MarvinSketch adalah pilihan tepat. Diikuti oleh ChemDraw dan ChemSketch.

Satu keunggulan ChemSketch, elektron dapat dimodelkan dengan dot dan cross. dengan memanfaatkan template yang disediakan, namun pengguna harus sering bolak-balik berpindah dari Structure Mode ke Draw Mode. Kalau terbiasa semua ok.

Selamat mencoba  dan memilih mana yang lebih baik menurut pengguna.

CMIIW.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info