Cara Cepat Mengetik Rumus Kimia di Microsoft Excel

Kamis, 12 Mei 2016

Mengetik rumus-rumus kimia pada aplikasi Microsoft (Ms) Excel tidak semudah pada aplikasi Microsoft (Ms) Word. Beberapa tahun lalu saya pernah membuat tutorial mengetik rumus-rumus kimia secara cepat dengan menggunakan autocorrect option untuk aplikasi Ms. Word. Dapat pula dilakukan backup (mencadangkan) autocorrect yang pernah dibuat kemudian dipasang kembali (restore) di komputer lain dengan menggunakan utility tertentu. Sementara ini backup autocorrect pada Ms. Word hanya dapat di lakukan di Ms. Word, tidak dapat digunakan untuk Ms. Excel atau Ms. Powerpoint. Padahal bila diperlukan ingin juga mengetikkan rumus-rumus kimia pada kedua aplikasi terakhir yang masih dalam lingkungan Ms. Office itu. Ternyata banyak jalan untuk mencari alternatif agar kerja ketik-mengetik rumus kimia tetap lancar. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan Ms. Equation Editor (Equation Tools) yang tersedia untuk ketiga aplikasi yang paling sering digunakan pada Ms. Office.


Equation Tools ini dapat diakses pada setiap aplikasi Ms. Office dengan klik Insert >> Equation atau dengan menggunakan shortcut keyboard +++.

 

Untuk pengetikan rumus kimia diupayakan tidak sering-sering menggunakan mouse kalau hanya sekadar mau membuat angka subscript/indeks atau superscript untuk menuliskan jumlah muatan atau pangkat suatu bilangan karena ini akan sedikit memperlambat pengetikan. Ketika berada pada Ms. Word dapat langsung menggunakan shortcut keyboard + untuk subscript dan + + untuk superscript. Untuk kembali ke posisi normal sila gunakan shortcut yang sama untuk kedua kalinya.

Selain cara biasa tadi ada cara paling mudah untuk mengetik rumus-rumus kimia yaitu menggunakan teknik pengetikan seperti pada Latex. FYI, Latex ini adalah aplikasi olah kata yang biasa digunakan kalangan teknik dan dan yang berkaitan dengam matematika. Tidak sulit kalau hanya sekadar mengetikkan rumus kimia. Misalnya kita akan mengetikkan CO2 maka kita dapat menyisipkan Equation dengan cara menggunakan shortcut keyboard +++ kemudian mengetikkan sebagaimana biasa CO_2 dan tekan spasi keyboard  maka secara otomatis menjadi CO2. Untuk menuliskan ion misalnya Mg2+ maka pada equation editor tersebut diketik Mg^2+ dan tekan di keyboard.


Cara ini berlaku untuk semua Equation Tools yang tersedia di Ms. Word, Excel, dan Powerpoint.
  • Untuk membuat subscript atau indeks cukup tambah tanda underscore (_) dibelakang lambang unsur atau dengan menekan tombol dan tombol
  • Untuk membuat superscript atau pangkat cukup tambah tanda caret (^) di belakang lambang unsur atau dengan menekan tombol dan tombol
Bonus 1:
Bagaimana kalau ingin menambakan subscript atau superscript langsung dalam sel Ms. Excel. Sebenarnya memang tidak tersedia shortcut seperti pada Ms. Word atau Ms. Powerpoint yang kalau mau membuat subscript tinggal tekan + atau kalau mau membuat superscript tinggal tekan + + . Untuk itu perlu sedikit perlakukan berbeda, yaitu dengan menambakan toolbar khusus yang berfungsi sama dengan yang ada pada Ms. Word atau Ms. Powerpoint.

Toolbar ekstra pada Ms. Excel yang dapat ditambahkan sendiri.


Unduh file berikut Supersub, ekstrak (buka dengan winzip/winrar/7zip atau sejenisnya) kemudian install-kan dengan cara klik ganda pada file seperti ini 

Selanjutnya buka aplikasi Ms. Excel dan lihatlah terdapat toolbar ekstra seperti pada gambar di atas. Selanjutnya sila mengetik rumus-rumus kimia layaknya seperti mengetik di Ms. Word.

Bonus 2:
Untuk membuat rumus kimia inline atau langsung dalam/pada sel Ms. Excel dapat menggunakan add-ins untuk Ms. Excel seperti Engcel (bukan engsel pintu).

Unduh file Engcel-nya, ekstrak kemudian klik ganda file-nya kemudian enable-kan macros bila diminta agar add-ins tersebut dapat berjalan. Add-ins ini berjalan dengan baik pada Ms. Excel 2003-2016.

Setelah di-install sila buka aplikasi Ms. Excel dan coba ketikkan |CO_2 pada suatu sel dan tekan keyboard, bila berhasil maka tulisan tadi akan berubah menjadi CO2.

Masih ada beberapa alternatif lain nanti akan diterbitkan pada kesempatan mendatang.

Selamat mencoba.
Bagikan di

1 komentar:

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info