Mengetik Rumus Kimia secara Cepat Oleh Urip Rukim

Kamis, 09 April 2015

Berikut ini adalah contoh bagaimana saya terbiasa menggunakan "alat" di microsoft word untuk memudahkan kerja saya sebagai guru kimia. Saya lebih suka menggunakan microsoft word ketika mengajar. Microsoft word sering kali saya gunakan sebagai ganti papan tulis. Kelebihannya adalah siswa saya dapat mengikuti proses penjelasan saya layaknya saya menjelaskan menggunakan papan tulis dan spidol. Oleh karena itu kemampuan mengetik saya yang hanya mengandalkan 11 jari (1 telunjuk kiri dan 1 telunjuk kanan) bisa saya "akali" akar dapat mengetik dengan relatif lebih cepat.
Autocorrect-lah yang saya andalkan. Mengenai hal ini beberapa kali saya tulis di blog lama saya di urip.wordpress.com. Jika mau mengunjungi khusus bahasan autocorrect boleh klik pranala ini.



Bagaimana dengan Anda?

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya menggunakan alat autocorrect ini. Kekurangannya? Untuk pertama kali memang kita harus membuat satu-persatu kode untuk dibuat autocorrectnya. Yah untuk pertama kali saya lakukan. Jika rekan guru kimia mau, bisa saja menggunakan autocorrect buatan saya sebagaimana tutorial yang saya sudah buat di blog urip.wordpress.com itu. Ikuti saja langkah-langkah yang saya sarankan. Autocorrect yang saya buat dapat diaplikasikan untuk microsoft office 2003, 2007, 2010, dan 2013.

Bagaimana jika rumus kimia atau kata yang diperlukan belum tersedia pada autocorrect yang saya buat? Monggo, silakan menambah sendiri.

Masih mau mengetik rumus kimia dengan cara manual?


Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info