Tutorial Blender Dasar: Memberi Warna Berbeda Setiap Permukaan

Sabtu, 18 November 2023 edit

Cara memberi warna berbeda setiap permukaan obyek, dicontohkan pada obyek Kubus (Default Blender). Pengubahan ini dilakukan pada Edit Mode.Untuk mengunduh aplikasi Blender silakan klik di sini.
  1. Buka Blender, pada pilihan New pilih General.
  2. Biarkan kubus default yang diberikan saat membuka blender.
  3. Untuk memutar obyek, tekan scroll tengah mouse sambil menggeser posisi pointer.
  4. Tekan Tab keyboard untuk beralih dari Object Mode ke Edit mode.
  5. Pada Viewport Shading dari Display in solid mode pindahkan ke Display in Material Preview Mode.
  6. Alihkan dari Vertex Select ke Face Select.
  7. Klik pada permukaan yang akan diberi warna.
  8. Pindah dari Object Properties ke Material Properties untuk menentukan warna.
  9. Tambahkan material dengan menekan tanda + pada Material Slot, pilih New dan ganti nama material bila perlu.
  10. Tentukan warna dengan klik Base Color dan geser pointer warna yang dikehendaki, tekan Enter.
  11. Klik Assign untuk mengaplikasikan warna pada permukaan yang dipilih.
  12. Ulangi langkah-7 sampai 11 untuk permukaan lainnya.
Tutorial bentuk video dapat Contoh dilihat di bawah ini:
Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info