Download Visual 3D Orbital Atom Offline

Rabu, 23 Juni 2021 edit

 Orbital atom saat ini sudah dapat ditampilkan secara 3D. Aplikasi penampil 3D orbital atom berbasis web Jsmol ini terdapat di sini. Tentu saja ini hanya dapat dibuka ketika kita tersambung dengan internet. Bila kita ingin mengaksesnya secara offline, caranya dengan mengunduh semua file yang terkait dengan aplikasi tersebut, dan memodifikasi file html-nya. Untuk mengunduhnya dapat menggunakan WinHTTrack. Bila tidak mau repot silakan lanjutkan tulisan ini. 😉


Tutorial format video:



Aplikasi ini memerlukan server yang terpasang di komputer yang digunakan. Disarankan menggunakan Zwampserver saja karena bersifat portabel dan di dalamnya sudah terdapat aplikasi Jmol. Tentang Zwamp dan di mana dapat mengunduhnya agar lebih jelas ikuti petunjuk di sini. Langkah yang harus dilakukan:

  1. Unduh file orbitals.zip dengan klik tautan ini.
  2. Ekstrak file orbitas.zip menggunakan aplikasi dekompresor seperti 7zip yang gratis ini.
  3. Pindahkan folder hasil ekstrakan ke dalam folder vdrive/web/.
  4. Untuk menjalankan aplikasi ini, aktifkan zwampserver lebih dahulu. Caranya dengan klik ganda file zwamp.exe.
  5. Klik ganda file index.html dalam folder orbitals.
  6. Edit alamat url menjadi http://localhost/orbitals/index.html kemudian tekan enter.
  7. Selesai aplikasi orbital siap dijelajah.
Keunggulan aplikasi ini terdapat banyak pilihan model visual (Phase Pointillist, Density Pointillist, Isosurface, Wireframe, Centile Boundary, Colored Cross-Section, Phased Cross-Section, Contour) untuk setiap orbital sehingga lebih mudah dipelajari. Hanya dengan memilih jenis orbital dan klik tombol Update Orbital maka orbital dapat ditampilkan. Untuk mengubah ukuran jari-jari amatan orbital dapat memberi tanda cek list Radial Plots di sisi kanan halaman.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info