Aplikasi Online untuk Isomer Generator

Sabtu, 07 November 2020 edit

Rekomendasi aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengenerate atau memproduksi semua isomer yang mungkin dari rumus molekul suatu senyawa dapat disimak pada tulisan ini. Beberapa ada yang dapat ditampilkan dalam format gambar (image), image dan format SMILES serta berformat visual 3D interaktif.

Pertama: Cheminfo.org
Isomer dapat ditampilkan secara cepat dengan format image saja. Tidak dapat disalin ke aplikasi editor struktur molekul seperti ChemSketch, Marvin Sketch, Chem Draw. Semua isomer yang mungkin ditampilkan lengkap.

Kedua: Enumol
Tidak semua isomer yang ditampilkan, struktur siklik tidak ditampilkan. Format tersedia selain bentuk gambar juga ditampilkan format SMILES. Format SMILES ini memungkinkan pengguna dapat menyalinnya ke aplikasi editor struktur molekul seperti ChemSketch, Marvin Sketch, Chem Draw Responnya sangat cepat. 

Dari urip.info melalui kanal youtube.com/uriprukim sudah membuat beberapa tutorial penggunaannya seperti dalam tautan video di bawah ini.




Ketiga: Molgen online
Cukup mengetikkan rumus molekul senyawa dan klik tombol Start Molgen, isomer dapat ditampilkan secara cepat dengan 3D. Menggunakan penampil Jsmol yang memungkinkan pengguna dapat melakukan manipulasi model. Karena formatnya 3D dan ditampilkan melalui Jsmol maka visualnya menjadi sangat cantik. 

Pengguna dapat memutar, mengganti warna, memperbesar dan memperkecil model, dan lebih lagi asal terbiasa menggunakan aplikasi Jmol yang berbasis javascript ini.

Keunggulan lainnya pengguna dapat mengunduh semua struktur molekul isomer 3D dengan format MDL SDF. Format file ini sangat bagus bila ditampilkan di Jmol secara offline. Selain dapat dibuka dengan Jmol format MDL SDF ini juga dapat dibuka dengan aplikasi lain seperti Marvin Sketch, GaussView, ChemDraw, Avogadro, Open Babel, Biovia Draw dan lain-lain.

Untuk tutorial penggunaannya Molgen online dan proses pengunduhan file MDL dan visual Jmol dapat disimak dalam tutorialnya dalam video berikut.


Keempat: Kombinasi aplikasi gratisan: Molgen Online, Jmol, MarvinSketch, Biovia Draw, dan ChemSketch.


Aplikasi Biovia Draw 32bit dapat diunduh dari sini.
Untuk penampil 3D (DS41Activex) dari Biovia Draw dapat diunduh dari sini.
Mohon koreksi bila ada hal yang kurang tepat. Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info