Menjalankan Jmol Web Application secara Offline

Jumat, 22 November 2019 edit

Potensi Jmol untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran virtual 3D cukup besar. Beberapa contoh yang sudah ada dapat diadopsi dan dimodifikasi bahkan dikembangkan secara mandiri. Caranya adalah dengan membuat aplikasi berbasis web menggunakan Jmol. Tentu saja untuk bisa melakukan itu dibutuhkan kemampuan koding yang cukup. Pada tulisan kali ini akan dibahas cara membuka atau menjalan beberapa aplikasi yang sudah jadi secara luring (luar jaringan = offline).

Bagian-1
Cara memasang (menginstall) Jmol pada server lokal di komputer
Pertama
Silakan unduh aplikasi Wampserver, sesuaikan dengan sistem operasi windows yang digunakan merupakan windows 32bit atau 64bit. Bila tidak yakin sila ketik "system information" (tanpa petik tidak perlu ditulis) di kolom pencarian ada di pojok kiri bawah tepat disamping ikon start windows. Tekan enter di keyboard.


Unduh Wampserver 32bit.
Unduh Wampserver 64bit.

Silakan install Wamp dengan klik ganda file wamp**bit.exe dan ikuti petunjuk yang diberikan selama proses pemasangan.

Kedua
Unduh jmol.zip dari stolaf.edu.


Ketiga
Jalankan Wamp (klik ikon start windows, cari dan klik folder Wampserver, klik Wampserver yang berikon huruf W. Tunggu beberapa saat hingga muncul layar hitam 3 kali. Wampserver sudah berjalan. Ikon W tersembunyi pada systray yang ada di pojok kanan bawah dekstop, sila klik ikon tersebut sehingga tampilan seperti berikut muncul.



Tutorial ini menggunakan Wampserver 64-bit, mungkin tidak beda dengan yang bertipe 32-bit. kemudian buka folder www directory.

Keempat
Klik www directory pada Wampserver.
Pindahkan file jmol.zip ke folder www dalam Wampserver dan ekstrak file jmol.zip dan hasilnya seperti berikut. Di folder ini file jmol.zip sudah dihapus dan muncul folder hasil ekstrak. Bila perlu tidak usah dihapus file jmol.zip tidak masalah.


Isi folder jmol hasil ekstrakan seperti berikut.


Ekstrak file jsmol.zip dalam folder jmol hasil ekatrakan jmol.zip tadi dan hasilnya akan seperti ini. Bila sudah diekstrak file jsmol.zip boleh dihapus, boleh dibiarkan ada, kalau di sini sudah dihapus.



Bagian-2
Cara menjalankan contoh aplikasi web yang sudah ada dalam folder jsmol

Buka folder Jsmol melalui www directory Wampserver, atau boleh langsung dibuka dengan windows eksplorer. Cari folder Wamp64 pada drive C (dalam tutorial ini Wamp diinstall pada drive C) >> folder www >> folder jmol >> folder jsmol.

Klik ganda salah satu aplikasi, dicontohkan akan dibuka aplikasi dengan nama jmol-flot.htm, ini akan dibuka dengan browser sesuai dengan yang kita pilih saat install wamp.

Akan muncul tampilan dengan pesan error seperti berikut gambar berikut.



Silakan ubah url pada browser, pada bagian file:///C:/wamp64/www/ dihapus dan diganti menjadi localhost/ sehingga alamat atau url pada browser menjadi http://localhost/jmol/jsmol/jmol-flot.htm. Bila semua ok maka tampilan akan seperti berikut.


Aplikasi web berbasis Jmol secara offline dapat dijalankan. Silakan coba buka file lain dengan cara yang sama.

Bila tidak juga berhasil penyebabnya mungkin perlu dipasang dulu Java Runtime Eviroment (JRE) kalau memang belum dipasang. biasanya perlu memasang JRE lebih dahulu. Unduh JRE dari sini, kemudian pasang dan ikuti petunjuk yang diberikan pada layar.

Selamat ber-eksperimen.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info