ChemCraft Pemodelan Molekul/Kristal dengan Visual Cantik

Minggu, 17 November 2019 edit

ChemCraft merupakan software yang dapat digunakan untuk visualisasi molekul atau kristal. Software atau aplikasi ini support berbagai format file kimia komputasi pada umumnya. Untuk menggunakan ChemCraft ini tidak perlu diinstall, cukup download, ekstrak file zip untuk windows 64 bit dan klik ganda file ChemCraft.exe. Bila tidak yakin sistem operasi yang digunakan silakan unduh yang versi 32 bit saja.

ChemCraft ini sejatinya harus berbayar, namun oleh pengembangnya kita diberikan kesempatan untuk mencoba gratis dengan kemampuan tidak beda dengan versi berbayar, namun penggunaannya dibatasi hanya 150 hari saja. Bila tidak sanggup atau tidak berniat membeli lisensi ditawarkan untuk menggunakan ChemCraft versi lite, versi minimalis.


Berikut tautan untuk unduh ChemCraft Versi 1.8
ChemCraft untuk Windows 32 bit
ChemCraft untuk Windows 64 bit

ChemCraft untuk Linux 32 bit
ChemCraft untuk Linux 64 bit

ChemCraft versi Lite (mini) bila masa trial-nya habis.

Manual dapat diakses dari web ChemCraft langsung dari sini.

Untuk menampilkan model molekul atau kristal setidaknya dapat dilakukan dengan tiga cara.

Pertama, dengan menggambar secara manual satu persatu menyusun atom-atom dan menghubungkan dengan ikatan. Namun karena ini sifat 3 dimensi maka cukup perlu waktu dan pemahaman tentang simetri, set point group berulang-ulang.

Kedua, dengan membuat molekul pada software menggambar struktur yang familiar dan membuat optimasi struktur (paling stabil), kemudian menyimpan dengan format yang dapat dibuka oleh ChemCraft.

Ketiga, dengan menggunakan menggunakan beberapa yang tersedia pada ChemCraft. Ini dapat diakses dari menu Edit > Add Fragment > Pilih molekul, gugus fungsi (R), molekul kompleks atau ligan multidentat. Bila tersedia sila menggunakan cara kedua atau cara pertama.


Format file yang dapat dibuka dengan ChemCraft:
Selain file Gamess dan Gaussian, ChemCraft dapat membaca file HyperChem, file format MSI atau PDB (namun format ini tidak didukung secara komprehensif), format program MolDraw dan Priroda, file ADF ASCII TAPE41, dan file teks sederhana dengan koordinat atom Cartesian.

Membuat file dengan format mol dari 3D View ChemSketch atau dari aplikasi ChemDraw juga dapat dibuka ChemCraft.

ChemCraft menyediakan antarmuka untuk mengimpor/mengekspor koordinat atom dalam format teks melalui clipboard, yang membantu menggunakan data dari semua jenis perhitungan. Ekspor koordinat atom ke clipboard juga dapat berguna untuk membuat file input. ChemCraft terdiri dari utilitas untuk konversi koordinat fraksional, digunakan dalam pengukuran kristalografi, menjadi Cartesian, dan sebaliknya, menggunakan parameter unit sel (a, b, dll).

Tampilan molekul atau kristal tersedia untuk berbagai kebutuhan. Ini dapat diakses dari menu Display. Berikut adalah contoh berbagai tampilan yang ditawarkan ChemCraft.















Untuk memutar gambar secara bebas silakan menggunakan klik kanan sambil menggeser posisi. Untuk memutar secara horizontal - vertikal dan memindah molekul atau kristal gunakan toolbar di sisi kanan layar ChemCraft.

Demikian info sekilas tentang ChemCraft. Ikuti tutorial ChemCraft untuk pengenalan serta lebih lanjut (kimia komputasi) pada kanal youtube.com/uriprukim nanti.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info