Memahami Grafik tentang Laju Reaksi Dan Variasi Soal

Selasa, 23 Oktober 2018

Laju reaksi pada beberapa kesempatan dijelaskan dengan menggunakan grafik atau diagram atau kurva dengan berbagi pasangan variabel. Untuk cara memahami profil diagram energi aktivasi yang dikaitkan dengan laju reaksi dapat dibaca di sini. Berikut ini beberapa grafik yang paling sering digunakan pada soal-soal ujian nasional maupun ujian lain.

Grafik Orde Nol
Ketika satu pereaksi, misal [A] diubah konsentrasinya ternyata tidak mempengaruhi laju reaksi (besarnya laju reaksi tidak berubah, maka orde reaksi terhadap pereaksi tersebut bernilai nol.

Grafik Orde Satu
Ketika satu pereaksi, misal [A] diubah konsentrasinya maka laju reaksi juga berubah berbanding lurus terhadap perubahan konsentrasi pereaksi tersebut.

Grafik Orde Dua
Ketika satu pereaksi, misal [A] diubah konsentrasinya maka laju reaksi meningkat setara pangkat dua dari laju konsentrasi sebelumnya.

Berikut ini contoh soal yang diambil dari Soal UN tahun 2018.
Diketahui data percobaan reaksi 2A + B2 2AB

Percobaan [A] M [B] M Waktu
(detik)
v
(M/detik)
(1) a b 288 16
(2) 2a b 72 64
(3) 3a 2b 16 72

Grafik yang menunjukkan orde reaski dari A adalah ....
Pembahasan:
Penentuan orde reaksi terhadap A.
Pilih data 2 dan 1, untuk menentukan orde reaksi dari A, karena konsentrasi B tetap (sama)
([A2]/[A1])n = v2/v1
(2a/a)n = 64/16
2n = 4
2n = 22
n = 2
Karena orde terhadap A adalah 2 maka grafik yang sesuai adalah grafik pada pilihan C

Soal #2
Manakah grafik yang benar yang menunjukkan laju penguraian X dengan orde satu dari konsentrasi X?
Coba mana pilihan yang benar? 😊

Soal #3
Pada reaksi A + B → C berlangsung dengan orde total 2, manakah grafik yang memperlihatkan perubahan hasil kali [A][B] lawan waktu, t? Keterangan [A] = konsentrasi A, [B] = konsentrasi B.
Pembahasan Soal #3:
Grafik konsentrasi lawan waktu itu sebenarnya sama dengan grafik konsentrasi lawan 1/v atau  boleh dituliskan v = 1/t. Bila v = [A][B] → 1/t = [A][B] . Reaksi berorde 2 jadi grafik yang sesuai adalah grafik A.

Soal #4
Suatu percobaan reaksi larutan tertentu dengan asam sangat encer ternyata ber-orde satu terhadap asam pada konsentrasi rendah, tetapi ber-orde nol terhadap asam ketika asam tersebut konsentrasinya tinggi.
Manakah grafik yang benar sesuai hasil percobaan di tersebut?
Pembahasan Soal #4
Pilihan pada soal ini menempatkan laju reaksi di sumbu X sedangkan [asam] disumbu Y, kebalikan yang biasa ditampilkan pada banyak referensi. Perlu kehati-hatian memahaminya.

Karena terdapat dua orde reaksi maka perlu analisis dua macam bentuk grafik.
  • Saat asam konsentrasi rendah reaksi berode satu terhadap asam, grafiknya akan miring dengan kemiringan positif. Seperti reaksi berode satu pada umumnya, ketika konsentrasi dinaikkan laju juga akan naik sebanding dengan laju reaksi.
  • Saat asam konsentrasi tinggi ternyata berorde nol artinya konsentrasi tidak lagi mempengaruhi laju reaksi. Artinya perubahan konsentrasi berikutnya laju tidak berubah.
Jawaban yang tepat adalah C.

Mohon koreksi bila ada hal kurang tepat dengan menuliskannya pada kotak komentar pada kiriman ini. Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info