Cara Lain Mendowload Halaman Google Book

Sabtu, 20 Oktober 2018

Terdapat beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mengunduh atau mendownload halaman tertentu dari Google Book. Pada tulisan sebelumnya saya buat tutorial cara mengunduh buku elektronik yang tersedia di google book. Namun ada beberapa kasus ternyata banyak halaman yang tidak turut terunduh walau kita sempat melihat halaman tertentu di browser yang kita gunakan. Memang google punya kebijakan sendiri. Buku itu bukan buku gratis maka beberapa halaman tertentu hanya bisa dilihat. Ini pun sudah keberuntungan buat orang “miskin” seperti orang sejenis saya, tak bisa membeli cukup melihat. Eh sudah melihat ingin memilikinya. Ngelunjak ya?! Lazimlah seperti orang kebanyakan, manusiawi dan normal, kecuali bagi orang-orang yang sungguh alim.



Kembali pada bahasan cara mendownload halaman google book yang tidak terdownload dengan menggunakan aplikasi Google Book Downloader. Caranya? Caranya? Caranya? 😍
  1. Buka browser andalan selama ini, boleh apa saja, Chrome, Firefox, Internet Explore/Edge, Opera, Safari dan lain-lain.
  2. Browsing dengan kata kunci tertentu di Google Book.



  3. Buka buku incaran di google book, iya buka semua halaman yang memang diijinkan untuk dilihat, atau cukup halaman tertentu yang memang kita butuhkan saja, biar tidak kemaruk amat.



  4. Ok sudah sampai di situ dulu. Sabar ya.

Perlu diketahui bahwa setelah kita membuka halaman-halaman yang diijinkan dilihat, sesungguhnya dalam komputer kita sudah terdownload semua. Hah sudah terdownload? Yang benar saja. Di mana disimpan kok tidak ada, gak ada pemberitahuan tuh? :-)

Langkah selanjutnya?
  1. Mengunduh aplikasi kecil, ukurannya hanya 83 kb berformat zip. Klik di sini kalau ingin mengunduh.
  2. Ekstrak atau bongkar berkas (file) zip yang terkompres itu, untuk mendapatkan 3 file.
  3. Klik ganda berkas aplikasi (exe) ImageCacheViewer yang berukuran sekira 82 kb yang berada dalam folder hasil ekstrak. Tunggu hingga proses selesai dan akan diperoleh tampilan gambar-gambar yang sebelumnya pernah dibuka di browser. Tentu tidak akan sama dengan tampilan gambar berikut, sesuai aktivitas masing-masing tentu.



  4. Ups jangan diteruskan, stop. Agar gambar yang di tampilkan tidak terlalu banyak, ubah pengaturannya lebih dahulu. Klik menu Option pilih Advanced Options. Atau bisa langsung saja tekan tombol ketboard F9. sehingga ditampilkan menu pop up berikut. Ubah pengaturan waktu, ini akan menampilkan gambar yang pernah muncul di layar untuk sekian waktu yang lalu, ini dicontohkan mau ambil gambar 1 jam yang lalu. Jangan lupa klik Tombol OK.



  5. Sekarang semua gambar yang sekira 1 jam yang lalu siap untuk diolah. Silakan klik pranala/link halaman kemudian siap dipindahkan ke manapun.
  6. Buka aplikasi Ms. Word untuk menyiapkan dokumen baru.
  7. Untuk memindahkan gambar itu KLIK link halaman kemudian di keyboard komputer/laptop tekan tombol Ctrl+M, ingat Ctrl+M, bukan Ctrl+C. Tujuannya adalah menyakin halaman itu ke Microsoft Word. Ini yang saya lakukan. Agar nanti lebih mudah diatur dan disimpan dalam format PDF. Lakukan satu-persatu untuk semua halaman yang dibutuhkan. Memang kurang praktis, tapi apa boleh buat yang penting dapat halaman yang dibutuhkan.


  8. Pada aplikasi Ms. Word dokumen baru, tekan  Ctrl+V untuk menempelkan halaman yang sudah disalin tadi. Lakukan langkah ke-7 dan ke-8 untuk semua halaman hingga semua tersalin.


  9. Atur panjang dan lebar gambar bila diperlukan.
  10. Simpan halaman-halaman itu ke dalam format yang dikehendaki, misalnya akan disimpan dalam format PDF agar lebih mudah dibaca. Pada Ms Word Klik Menu File dan pilih Save as...


  11. Selesai, sila buka file halaman buku dari google book, tadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bagikan di

3 komentar:

  1. mohon maaf Pak, saya baru membaca tulisan Bapak di tahun 2006 tentang software PUNCH HOME DESIGN, dan saya sangat berkeinginan untuk mempelajarinyamempelajarinya.
    Apakah Pak Urip masih memiliki software nya, dan bisakah saya mendapatkan copy nya ???
    oh ya alamat email saya : jramang888@gmail.com

    saya sangat menunggu kabar baik Dari Pak Urip. Sebelum Dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Maaf juga saya sudah tidak memilikinya lagi. Mungkin masih bisa diburu dengan googling menggunakan kata kunci yg sama seperti "intitle:index.of punch home" tanpa perlu tanda petik.

      Hapus
  2. ooh, begitu yah Pak, gapapa Pak Urip, memang Sudah lama siih, hehehe, tapi terima kasih atas info googlingnya, pasti akan diselami sedalam-dalamnya laah sampai harta PUNCH nya ketemu. Sekali lagi terima kasih banyak atas infonya. Salam sehat selalu, Aamiin

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info