Autocorrect untuk Pengajaran Kimia Kelas 11 Semester 2

Senin, 02 Januari 2017

Tak pelak bahwa mengajar materi kimia pada semester genap ini (asam-basa) akan banyak menggunakan simbol, rumus kimia, yang itu-itu saja, berulang-ulang itu saja, kecuali bahasan koloid. Oleh karena itu sejak mengajar bahasan ini saya sudah dan terus memodifikasi beberapa autocorrect sehingga kerjaan ketik-mengetik saat menjelaskan bahasan di kelas menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan memanfaatkan aplikasi olah kata yang ditampilkan dengan proyektor saya bisa menjelaskan materi kimia. Tidak harus setiap saat memasuki semester genap. Cukup sekali. Selanjutnya dapat digunakan dan dibagikan ke rekan sesama guru kimia (rukim).
Beberapa contoh untuk dapat di-autocorrect-kan yang sering saya gunakan selama pokok bahasan asam-basa boleh diunduh dari pranala ini. Silakan masuk ke autocorrect sendiri dalam microsoft word. Tinggal blok kemudian masukkan dalam autocorrect menggunakan kode yang rekan bisa ingat lebih mudah. Oh ya jangan lupa setiap memblok kata atau apa saja yang mau dibuat autocorrect-nya lebihkan satu spasi.


Untuk apa tabel tersebut dibuat autocorrect-nya?
Ini adalah pekerjaan berulang-ulang setiap saya menjelaskan atau membahas soal-soal terkait larutan buffer/penyangga dan hidrolisis garam. Dengan bantuan tabel begitu saya tinggal menuliskan dalam tiap sel tabel untuk rumus kimia zat-zat yang terlibat dan menuliskan jumlah zat (mol) atau konsentrasinya. Jika diperlukan sila tambah kolom seperlunya.

Tutorial untuk membuat autocorrect dapat dibaca di sini atau dilihat video tutorial pada kanal saya.

Demikian, semoga bermanfaat.



Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info