Cara Mudah Menampilkan Rumus Struktur Kimia dengan Chemicalize untuk Blog dan Website

Minggu, 01 Mei 2016

Beberapa tahun lalu saya pernah menulis tentang hal ini. Ya tentang Chemicalize, meskipun tulisan saya yang lama itu saya sudah hapus namun beberapa sudah saya pindahkan ke sini. Di blog tadi sudah terpasang plugin chemicalize sehingga untuk melihat struktur suatu senyawa tinggal arahkan pointer di atas nama zat tersebut. Plugin chemicalize ini setahu saya hanya mendukung untuk web/blog yang menggunakan mesin wordpress.org, untuk yang versi wordpress.com tentu tidak dapat dipasangi karena keterbatasan wewenang yang tersedia. Namun jangan khawatir, termasuk pengguna blog di blogger/blogspot atau website lain masih dapat menggunakan cara lain. Tulisan cara mudah menampilkan rumus struktur kimia dengan chemicalize untuk blog dan website ini akan sedikit mengobati kekhawatiran itu :)


Basis penampil struktur senyawa pada chemicalize adalah aplikasi Marvin Sketch dari ChemAxon dengan dukungan data yang memadai untuk keperluan orang yang berhubungan dengan dunia kimia. Tampilannya tentu saja sangat bagus dengan dasar penamaan yang mengikuti aturan IUPAC bahkan juga terdapat informasi nama-nama lain. Beberapa data penting pun dapat dilihat langsung setelah blog atau website kita "main-kan" atau di-chemicalize-kan :D.

Agar dapat menggunakan cara ini tentu saja nama-nama zat yang kita tuliskan di blog atau website harus mengikuti penamaan berbahasa Inggris yang umum. Atau kalau tidak kita boleh saja menuliskan rumus kimia dengan cara tertentu, misalnya cara IUPAC, Smiles, InChI, InChI key, kode CAS. Beberapa tentang cara penulisan rumus kimia akan dibahas pada tulisan berikutnya. Jadi bila mendapati website yang menuliskan nama-nama senyawa kimia (tentu yang berbahasa Inggris) kita dapat terapkan dengan chemicalize, tidak lagi perlu untuk mencari satu-satu, tetapi langsung sehalaman web itu.

Lalu bagaimana agar tulisan di blog atau webiste yang tidak dapat dipasangi plugin Chemicalize tadi? Alaternatif yang disarankan adalah dengan mengakses web Chemicalize.org dan menaruh pranala atau url atau alamat tulisan yang hendak kita hubungkan dengan Chemicalize tadi.

  1. Akses web Chemicalize.org.
  2. Ubah Tab Viewer dari Properties Viewer ke Webpage Viewer.
  3. Salin dan tempelkan alamat website atau blog yang di dalamnya ada rumus kimia atau nama senyawa kimia (ingat yo berbahasa Inggris) hendak dilihatkan struktur zatnya. Sebagai contoh, coba buka link berikut (http://www.urip.info/p/contoh-daftar.html) dan salin dan tempelkan pada kotak pencarian di Chemicalize.org seperti di bawah ini. Jangan lupa untuk pindah ke mode pecarian Webpage Viewer, karena secara default Chemicalize.org berada pada Properties Viewer.
  4. Agar praktis dan artikel atau postingan atau laman yang kita terbitkan bisa langsung dikonversi ke Chemicalize.org, selalu sertakan tautan atau link yang sudah disiapkan sebelumnya. Misalnya dari tautan yang saya berikan di atas dapat diakses langsung dari sini
Secara umum kalau melihat polanya kita bisa saja membuat link secara manual tanpa harus lebih dulu mengunjungi website Chemicalize.org. Misal untuk tautan tadi menjadi seperti berikut ini.

http://www.chemicalize.org/?webpage=http%3A%2F%2Fwww.urip.info%2Fp%2Fcontoh-daftar.html&source=fp.
  • Tulisan warna merah http://www.chemicalize.org/?webpage= ....... &source=fp adalah standar format untuk konversi ke Chemicalize.org.
  • Tulisan warna biru http%3A%2F%2F ini adalah terjemahan dari "http://"
  • Tulisan warna orange %2Fp%2F ini adalah terjemahan dari "/"
  • Tulisan jika laman atau alamat url berjenjang seperti alamat laman yang saya contohkan itu
  • Yang warana hitam tentu alamat yang akan diterjemahkan.
Informasi apa saja yang didapat dengan menampilkan struktur senyawa yang ditampilkan menggunakan Chemicalize?

Berikutnya bila kita meng-klik struktur dari rumus kimia yang ditampilkan oleh Chemicalize akan diperoleh informasi terkait zat tersebut. Contoh untuk senyawa alanin  hasilnya akan seperti ini:


Selain untuk website atau blog Chemicalize.org menyediakan layanan untuk diterapkan pada dokumen seperti berkas pdf dan lain-lain.

Demikian semoga bermanfaat.


Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info