Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2016

Sabtu, 09 April 2016

Kementerian Agama Republik Indonesia tahun ini melanjutkan hajatan Kompetisi Sains Madrasah yang ke-5 atau disingkat dengan KSM Tahun 2016. Dari petunjuk teknis KSM Tahun 2016 ini ada perbedaan besar dengan KSM sebelumnya. Tahun ini KSM dapat diikuti tidak hanya oleh siswa madrasah melainkan juga boleh diikuti oleh sekolah umum, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK. Demikian juga pada bidang yang dilombakan, muatan agama Islam turut dilombakan.




Rencananya KSM 2016 secara nasional akan diselenggarakan di Pontianak - Kalimantan Barat pada tanggal 23 – 27 Agustus 2016.
Untuk KSM tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan bulan April ini, sekitar sebulan kemuadian KSM tingkat provinsi.

Berikut ini bidang yang akan dilombakan pada KSM Tahun 2016.
No Tingkat
MI/SD MTs/SMP MA/SMA/SMK
1 Matematika
+ Agama Islam
Matematika
+ Agama Islam
Matematika
+ Agama Islam
2 IPA
+ Agama Islam
Biologi
+ Agama Islam
Biologi
+ Agama Islam
3
Fisika
+ Agama Islam
Fisika
+ Agama Islam
4

Kimia
+ Agama Islam
5

Ekonomi
+ Agama Islam
6

Geografi
+ Agama Islam

Berikut ini alur kompetisi dan kepesertaannya.

Untuk lebih detail tentang teknis KSM 2016 ini sila baca atau download pada pranala Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2016 beserta silabusnya ini.

Bagikan di

18 komentar:

  1. Di dlam ksm ini,tdak hanya siswa madrasah yg ikut,ttpi jga sekolah yg ikut,trus ada tmbhan pljran agama yg brupa fiqih,ski,aqidah,dan qur'an hadist. Pertanyaan saya,bagaimana jadinya nnti klau peserta yg lolos tngkat provinsi ini adlah siswa sekolah,sdngkan mrka tdak mempljari fiqih,ski,quran hadist d skolahnya? Cman itu sja dri sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA STUJU DENGAN PENDAPAT INNAL HAMDA

      Hapus
  2. Yg pling tdak sya sukai, mngpa sekolah umum ikut dlam ksm ini? Sdngkan sekolah umum kan sdah ad lomba trsndri sperti OSN dan O2SN,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan Mbak Innal Hamda. Sekolah umum sdh memiliki OSN,dan diikutkan di KSM, tapi ketika murid dari madrasah didaftarkan diknasnya menolak mentah-mentah dengan alasan: maaf ya saya kira sekolah ini Sma ternyata Ma, jadi maaf tidak bisa ikut. Itu contoh di Semarang, Mbak. Salah 1 pesertanya saya, Mbak. Itu nyata kemarin bulan Februari 2016.

      Hapus
    2. Dan masih banyak lagi kasusnya. Silahkan lihat link: http://www.madrasahjember.web.id/siswa-madrasah-dicekal-dinas-pendidikan-direktur-pendidikan-madrasah-tegaskan-banyak-jalan-untuk-berprestasi/

      Hapus
    3. Tidak semua kasus itu terjadi di seluruh daerah, mungkin hanya Jember. Semua memang tergantung kebijakan dinas pendidikan setempat dalam memahami juknis OSN. Sekarang tinggal kegetolan pihak kemenag setempat untuk membuat pendekatan agar semua mendapat hak yang sama.

      Hapus
    4. Saya sependapat dengan bapak Urip karena saya merasakan sendiri. Waktu saya mengikuti OSN Tingkat Provinsi tahun kemarin, peserta tidak hanya dari SMA, tapi juga ada beberapa dari MA. Ini membuktikan bahwa di beberapa daerah MA sudah diikutsertakan dalam OSN. Jadi, ikut tidaknya MA dalam OSN tergantung kebijakan kemenag setempat.

      Hapus
    5. Mna mungkin MA kmrin ikut OSN,sdangkan praturan madrasah ikut OSN itu bru d ttpkan pada thun ini

      Hapus
    6. Ini bukti kalau siswa dari madrasah ikut OSN. Silahkan di buka link di bawah:
      http://www.antaranews.com/berita/561218/sebanyak-58-siswa-madrasah-berkompetisi-di-olimpiade-sains-nasional-2016

      Hapus
    7. http://www.antaranews.com/berita/555136/52-siswa-madrasah-tembus-olimpiade-sains-nasional

      Hapus
    8. MA sudah ikut OSN dari tahun2 lalu. Kalo mbak Innal Hamda search di google banyak koq peserta MA yg dapat medali, seperti MAN IC (serpong, gorontalo, jambi). MAN 3 malang dll.
      Untuk SMP baru tahun ini bisa ikut OSN, seingat saya ini kebijakan presiden (CMIIW). Cuma saya belum tahu apakah peserta madrasah yang menang masih boleh ikut kompetisi internasional yang di fasilitasi Diknas.
      Yang saya masih bingung kenapa sekolah yg berbasis agama (SD atau SMP ) Islam jarang atau mungkin belum berpartisipasi dalam KSM. Ada yang tahu ?

      Hapus
  3. Saya setuju dengan ksm tahun ini, dengan adanya sekolah umum yg ikut dlam perlombaan ini akan menambah semangat siswa siswi madrasah untuk mempersiapkan materi" lomba, krn mapel agama pun juga dilombakan, ini bisa sbg pembuktian penyetaraan kualitas madrasah dengan sekolah umum...#madrasah idolaku

    BalasHapus
  4. selalu ada min_plusnya... ayo saatnya madrasah di sains tidak hanya jago kandang..

    BalasHapus
  5. Mohon maaf Sebelumnya saya mau meluruskan saja tentang masalah kenapa sekarang sekolah berhak ikut KSM. Aturan yang benar OSN juga boleh di ikuti siswa dari madrasah, jika ada kabupaten/kota tidak menerima siswa dari madrasah ikut OSN yang salah adalah panitia kab/kota. agar seimbang maka KSM juga boleh diikuti oleh siswa dari sekolah. Kenapa sekarang ada tambahan Materi agama Islam? mungkin saja agar siswa yang dari sekolah tidak banyak yang lolos.
    Bukti kalau siswa dari madrasah ada yang ikut OSN
    http://www.antaranews.com/berita/561218/sebanyak-58-siswa-madrasah-berkompetisi-di-olimpiade-sains-nasional-2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. quote Pak Ipul "Kenapa sekarang ada tambahan Materi agama Islam? mungkin saja agar siswa yang dari sekolah tidak banyak yang lolos." menurut saya sebaiknya berbaik sangka dulu pak. Kemenag mungkin ingin mendepankan juga pendidikan & pengetahuan agama pada seluruh peserta. Setahu saya materi agama utk SMP/MTs juga hanya dari kelas 7 saja (hasil nanya siswa MTs yg ikut KSM tahun 2016 ini).
      Itupun peserta dari SMP islam juga masih jarang pesertanya. Kenapa ? saya juga tidak tahu.
      Tapi saya setuju kalo kedepannya Kemenag memisahkan bidang study umum dengan agama agar sama dengan OSN, atau soal2 dirancang agar ilmu agama tetap ada tapi tidak mempengaruhi hitungan / jawaban logis yang bersifat umum. Bukankah islam adalah agama yang logis. Insya Allah.

      Hapus
  6. kapan pelaksanaa ksm tingkat kabupatennya..??
    berapa sesi lombanya..?? soalnya kan ada soal agamanya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelaksanaan tingkat dati II sudah lama mulai Mas Nafil. Tiap daerah berbeda2 tanggal pelaksanaannya. Tingkat provinsi mungkin sudah akan digelar setelah lebaran.

      Hapus
  7. Dalam KSM di daerah sy sudah dilombakan juga mapel Aqidah, SKI, Fiqh, Bahasa Arab, dan Al Quran Hadits namun berharap ini juga dapat diteruskan sampai tingkat nasional, krn inilah ciri dari madrasah

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info