Kalkulator Penentuan Orbital Hibrida Atom Pusat & Bentuk Molekul

Sabtu, 23 April 2016

Dari trik dan teknik pada tulisan saya di sini dan di sini dapat ide untuk membuat kalkulator sederhana, kalkulator penentu orbital hibrida atom pusat suatu molekul senyawa kovalen dan bentuk molekul. Syarat untuk dapat menentukan orbital hibrida suatu molekul ini adalah dapat menentukan dan menjumlahkan elektron valensi setiap atom pada suatu molekul dari senyawa kovalen. Perlu diingat alat ini bertujuan untuk membantu siapapun yang sedang belajar tentang orbital hibrida dan bentuk molekul dari senyawa kovalen setelah mencoba untuk menentukan sendiri dan mencocokkannya dengan hasil dari alat bantu ini.

Untuk menentukan orbital hibrida dan bentuk molekul dari senyawa kovalen pada kalkulator ini dapat dilakukan dengan meng-input total elektron valensi semua atom dalam suatu molekul. Berikutnya sila klik di luar area kalkulator dan hasilnya langsung terlihat.

Dasar penghitungannya seperti pada tulisan sebelumnya. dengan prinsip jika jumlah pasangan elektron yang ada pada suatu molekul diketahui maka dengan mudah ditentukan jenis orbital hibridanya.
Jumlah Pasangan ElektronOrbital Hibrida
Atom Pusat
2sp
3sp2
4sp3
5sp3d
6sp3d2
7sp3d3
Berikut ini ringkasan tabel kombinasi jumlah ikatan dan jumlah PEB beserta bentuk molekulnya.
Formasi Σ
Ikatan - PEB
Bentuk Molekul
20Linier
11Linier
30Segitiga Datar
21Benkok
12Linier
40Tetrahedral
31Piramida Segitiga
22Bengkok
13Linier
50Bipiramida Segitiga
41Jungkat-Jungkit
32Bentuk T
23Linier
60Oktahedral
51Piramida Segiempat
42Segiempat Datar
33Bentuk T
24Linier
70Piramida Segilima


Berikut ini kalkulator penentuan orbital hibrida atom pusat dan bentuk molekul, sila masukkan total jumlah elektron valensi dari semua atom dalam molekul pada kotak input jumlah elektron valensi (berwarna putih) . Untuk atom H jumlah elektron valensinya dianggap 7.


Kalkulator Penentuan Orbital Hibrida Atom Pusat
dan Bentuk Molekul
Dirancang dan Dibuat oleh Urip Rukim
VariabelInput & Output
Jumlah Elektron
Valensi

Jumlah Ikatan
Jumlah Pasangan
Elektron Bebas

Jumlah Pasangan
Elektron

Orbital Hibrida
Bentuk Molekul

Sebagai contoh, pada NH3 total jumlah elektron valensinya adalah 5 + 3(7) = 26, ingat yah elektron valensi H di sini dianggap 7 :) Sekarang sila ketik angka 26 pada kotak input jumlah elektron valensi. Hasilnya seperti gambar berikut

Ingat yah dalam setiap ikatan itu apakah ikatan tunggal, ikatan dobel, ikatan tripel, monggo menyesuaikan saja. Jadi yang dikatakan 1 ikatan di sini bisa jadi ikatan tunggal, ikatan dobel, ikatan tripel tadi. Jika ada sesuatu yang perlu didiskusikan dengan senang hati mendiskusikan agar pengetahuan kita menjadi benar, tidak keliru.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info