Skenario Pembuatan Kalkulator Kimia di Blog ini

Senin, 20 April 2015

Saya tidak punya kemampuan koding (pemahaman tentang script/kode) untuk dapat membuat kalkulator sederhana sekalipun. Berbekal aplikasi olah kata, Microsoft Word (MW) dan aplikasi olah data, Microsoft Excel (ME) serta sedikit kemauan untuk mau belajar tentang pola kode-kode akhirnya beberapa kalkulator sederhana bisa saya buat. Hal ini saya lakukan karena melihat kemampuan matematis siswa yang kurang memadai sekadar untuk dapat diaplikasikan dalam pelajaran kimia yang saya ampu. Lalu bagaimana ini diterapkan? Berikut ini skenario yang saya buat, skenario ala saya yang awam dalam hal design yang berhubungan dengan koding

Secara prinsip skenario pembuatan kalkulator ini adalah sebagai berikut:
  1. Membuat tema atau bentuk kalkulator.
    Untuk tujuan ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi MW sehingga tampilannya kalkulator akan tergambar di sini. Coba mencari pola penyelesaian soal untuk hitungan kimia tertentu. Ini dapat dilakukan dengan mengerjakan soal tertentu, toh pola dari soal hitungan kimia biasanya hanya berulang itu-itu saja. Dari tema yang dibuat di MW ini selanjutnya akan diubah ke dalam format html beserta css agar tampilannya sesuai keinginan.
    Rancangan di MW
  2. Membuat formula (rumus) hitung menggunakan ME.
    Rumus di ME yang dibuat inilah yang akan "diterjemahkan" ke dalam format kode dengan bantuan jQuery-Calx. Tentang jQuery-Calx ini dapat dibaca di sini.
    Formula di ME

  3. Buat postingan blog/website dan terjemahkan tema dari MW ke bentuk html-css dan juga rumus yang sudah dibuat dalam ME ke dalam bentuk script sederhana dalam postingan blog/website.
    Contoh Hasil Kalkulator
  4. Lakukan pengujian hingga semua kode berjalan sesuai tujuan.
    Untuk menguji hasil kerja pembuatan kalkulator sebaiknya langsung publish saja postingan yang dibuat tadi. Jika ada yang tidak beres bisa dicermati dan dilakukan perbaikan hingga semua ok.
  5. Selesai.
Demikian skenarionya, saran konstruktif dengan senang saya terima.

Wassalam.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info