Kolaborasi Wordpress dan Blogger

Senin, 27 April 2015

Segala sesuatu memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Blogger.com dan Wordpress.com sebagai pemberi layanan ngeblog gratis juga demikian. Sudah cukup puas ngeblog di Wordpress.com kini saya beralih ke blogger.com. Di Blogger.com membolehkan pengguna untuk bermain script sepuasnya. Di Wordpress.com hanya boleh fokus di konten blog saja. Satu ketidaknyamanan selama fokus ngeblog di blogger adalah minimnya tool pada editor untuk mengetik. Ada beberapa cara untuk memudahkan menulis di blogger pernah saya tulis di sini, namun ini masih kurang merasa nyaman juga karena mesti online :) Akhirnya ada solusi yang cukup mengurangi ketaknyamanan tadi.

Instan Wordpress (Wordpress versi luring) adalah salah satu cara untuk memudahkan aktivitas mengetik, terutama untuk teks-teks yang banyak terdapat simbol kimia, perlu menyisip tabel dan lain-lain. Secara singkat teknisnya adalah membuat tulisan di Instan Wordpress kemudian menyalinnya ke editor Blogger.
Secara default instan wordpress editornya tidak beda dengan wordpress.com (versi online), namun pengguna dapat menambahkan plugins Wordpress dari Wordpress.org.  Saya sendiri menggunakan plugins RichTextEditor.

Instan Wordpress dapat diunduh dari pranala ini. Tinggal ekstrak maka siap digunakan. Untuk dapat login ke dalamnya secara standar pengguna dapat masuk sebagai admin dengan menggunakan  user "admin" dan password-nya "password". Siap untuk bekerja layaknya wordpress.com yang daring itu.


Berikutnya adalah memasang plugins RichTextEditor. Unduh terlebih dahulu plugins tersebut dari sini. Seteleah unduh ekstrak plugin hasil unduhan tadi dan letakkan dalam forder InstanWP_4.4.2 >> iwpserver >> htdocs >> wordpress >> wp-content >> plugins. Agar dapat berfungsi pastikan  bahwa folder ekstrakan tadi tepat satu level di bawah folder plugins.


Setelah diekstrak dengan benar, selanjutnya mengaktifkan plugins RichTextEditor-nya, masuk lagi ke dashbor Wordpress pilih tool Plugins. Klik saja tulisan active yang berada tepat di bawah tulisan RichTextEditor for Wordpress. Untuk memastikan keberfungsiannya coba buat posting dengan klik tool Post yang di sisi kiri dasbor, pilih Add new. Jika semua berjalan dengan baik mestinya tampilannya akan seperti di bawah ini.


Nah ketik deh konsep tulisan di sana RTE Wordpress luring, jika sudah selesai tinggal salin dan tempel ke editor blogger. Selesai.

Satu hal keunggulan dari editor RTE Wordpress ini pengguna bisa memasukkan tabel dan hal lain yang biasa cukup repot kalau dilakukan hanya dengan mengandalkan editornya blogger.com.  Hasil tulisan di Wordpress ini kode-kodenya support semua buat Blogger dan cukup "clean" dari kode yang tak penting seperti ketika pengguna mengetik di Microsoft Word dan menyalinnya langsung ke Blogger.

Ngeblog semakin mudah walaupun sepertinya dunia blog semakin tergerus oleh media sosial lainnya. "Pokok-e ngeblog wae dab"

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info