Penyetaraan dengan Metode PBO Persamaan Reaksi: CuSO4 + KSCN + H2SO4 + H2O → CuCN + K2SO4 + H2SO3

Kamis, 19 Agustus 2021 edit

Berikut ini proses penyetaraan reaksi redoks CuSO4 + KSCN + H2SO4 + H2O → CuCN + K2SO4 + H2SO3 menggunakan metode perubahan bilangan oksidasi (PBO). Metode lain silakan cek di tautan masing-masing metode berikut, menggunakan metode ion-elektron atau setengah reaksi dan metode aljabar untuk persamaan reaksi tersebut.

#1. Bubuhkan atau cantumkan bilangan oksidasi (biloks) setiap atom sehingga tampak atom-atom yang mengalami perubahan biloks.

#2. Pada persamaan ini spesi mengandung atom S mempunyai beberapa kemungkinan untuk dipasangkan dengan atom S pada spesi pada ruas yang berbeda karena terjadi perubahan biloks.

#3. Agar lebih mudah menentukan perubahan maka spesi yang terhubung tanda panah lebih dari sekali ditulis beberapa kali sesuai keterhubungan antaratom yang mengalami perubahan biloks.

#4. Menyetarakan jumlah atom untuk atom yang mengalami perubahan biloks.


#5. Membubuhkan biloks atom-atom yang mengalami perubahan dan menghubungkannya dengan tanda panah beserta perubahan biloksnya.


Tampak bahwa semua atom yang terhubung dengan tanda panah tipis (tanda panah warna merah, biru, pink, dan oranye) semuanya saling terkoneksi. Oleh karena itu perubahan biloksnya dapat dijumlahkan. Dalam hal ini turun 2 + turun 4 + turun 4 + naik 8 + naik 6 = naik 4. Inilah spesi yang secara keseluruhan dianggap mengalami kenaikan biloks (mengalami oksidasi). Ini kemungkinan reaksi berlangsung dalam beberapa tahap namun persamaan reaksinya digabungkan.

Sementara untuk tanda panah tebal berwarna hijau menunjukkan biloks turun 2. Dalam hal ini H2SO4 dianggap mengalami oksidasi.

#6. Untuk menyetarakan jumlah perubahan biloks yang naik dan turun maka spesi yang terhubung tanda panah tebal warna hijau dikali 2.

#7. Menggabungkan spesi sejenis yang muncul dalam ruas yang sama.

2CuSO4 + 2KSCN + 2H2SO4 + H2O → 2CuCN + K2SO4 + 5H2SO3

#8. Menyetarakan jumlah H atau O dengan mengubah koefisien H2O.

2CuSO4 + 2KSCN + 2H2SO4 + 3H2O → 2CuCN + K2SO4 + 5H2SO3

Persamaan reaksi redoks sudah setara jumlah atom-atomnya di ruas kiri dan kanan.
KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info