Menu Penting ChemSketch (Tutorial untuk Pemula Bagian 1)

Rabu, 06 April 2016

Aplikasi ChemSketch ini adalah aplikasi yang bersifat freeware, tidak perlu lisensi atau bayar. Aplikasi ini cukup mumpuni digunakan menggambar struktur molekul secara dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). Penggunaannya relatif mudah hanya perlu klik-klik saja. Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini biasa pengguna langsung ingin mencoba menggambarkan struktur molekul tertentu, namun begitu biasanya gambar molekul yang diinginkannya tidak langsung jadi. Memang secara standar (default) tampilannya akan "hanya begitu". Agar sesuai keinginan dapat dilakukan sedikit pengaturan melalui menu tertentu.

Bila mau mengubah stuktur molekul seperti yang diinginkan tujulah menu Tools kemudian klik Sub menu Structure Properties. Kita perlu sedikit berselancar untuk mengenali fungsi-fungsi yang tersedia pada sum-menu structure properties ini.


Bila sudah Klik Sub-Menu Structure Properties akan tampil menu pop-up seperti ini:

Dari menu pop-up structure properties inilah kita dapat mengatur banyak hal soal tampilan struktur molekul.

Pertama-tama struktur molekul dibuat terlebih dahulu kemudian struktur tersebut diseleksi menggunakan toolbar Lasso On/Off.

Berikut ini tampilan molekul terseleksi:


TAB COMMON

Bagian Show Carbon 

Pada tab Common ini kita dapat mengatur apakah atom C mau dilihatkan semua (dengan centang All), hanya diujung-ujung (dengan centang Terminal), menampilkan atau menyembunyikan muatan nol (Hide Zero Charge), memunculkan tanda silang pada atom yg tidak valid (Cross Out Invalid Atom).

Bagian Size Calculation

Pada Size Calculation ini kita dapat mengubah ukuran simbol atom (Atom Symbol Size) dengan klik panah spin (segitiga kecil hitam) atau mengetikkan ukuran huruf untuk simbol atom. Untuk mengatur panjang ikatan (garis) dapat dilakukan klik panah spin up-down agar panjang ikatan yang kita buat sesuai keinginan.

Bagian Atom Style

Pada bagian Atom Style ini kita dapat mengubah jenis huruf untuk simbol atom dan warnanya. Mau mengubah agar hurufnya tebal pilih B, italic pilih.

Bagian Bond Style

Pada bagian Bond Style ini kita dapat mengubah ukuran ketebalan dari ikatan (garis ikatan) dan juga warna garis ikatan.

Jika semua sudah dirasa OK sila klik Apply

Bila kita menginginkan seting (pengaturan) yang kita buat barusan akan kita pakai terus kita bisa klik Tombol Set Default.

Sementara ini itu dulu, lanjut ke bagian 2.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info