The Power of Autocorrect

Minggu, 12 April 2015

Yah autocorrect, menjadi benar secara otomatis! Enak kan?! Mengetik menjadi sangat-sangat cepat walau kemampuan mengetik hanya menggunakan beberapa jari, tidak sampai 10 jari. Apalagi bagi yang sanggup dan terampil mengetik menggunakan kesepuluh jari. Tapi nyatanya tidak semua orang mau membiasakan diri memanfaatkan kekuatan autocorrect itu. Coba nanti kalau sudah mengenal autocorrect, bandingkan jika mengetik dengan menggunakan autocorrect dengan mengetik gaya biasa pada aplikasi olah kata microsoft word. Buat yang belum kenal autocorrect sila lanjut baca.


Dalam microsoft word sudah sejak dulu tersedia fasilitas autocorrect, namun itu hanya standar bawaan microsoft word. Itu pun hanya sebagian saja yang mungkin digunakan kebanyakan orang. Kalau mau berpikir tentang apa yang kita ketik tentu akan kita jumpai banyak kata yang kita gunakan berulang–ulang. Tentu ini akan menjadi tidak hemat tenaga, mengapa tidak berpikir membuat jalur pintas memanfaatkan fasilitas yang tersedia itu?

Coba lihat daftar beberapa kata yang sering kita gunakan di bawah ini:

Kata semestinya Kode ketik Penghematan
yang yg 2 huruf
dengan dg 4 huruf
oleh o/ 2 huruf
untuk u/ 3 huruf
berapa brp 3 huruf
beberapa bbrp 4 huruf
masing-masing mas 10 huruf
sebagai sbg 4 huruf
tentang ttg 4 huruf
sebagai berikut sbb 12 huruf
saja sj 2 huruf
dalam dl 3 huruf
pada pd 2 huruf
tersebut tsb 5 huruf
kalau kl 3 huruf
kepada kpd 3 huruf
jika jk 2 huruf
maka mk 2 huruf

Itu hanya beberapa kata umum yang sering terpakai. Bahkan jika kita terbiasa membuat rangkaian kata berupa kalimat yang itu–itu juga kita bisa membuat kode/sandi hanya beberapa huruf. Misalnya saya terbiasa mengetik nama kota “Pangkalan Bun” saya buat sandi “pbn” ini hemat 10 huruf. Misal lagi saya terbiasa membuat kop beserta logo sekolah saya, saya juga dapat membuat sandi 3 huruf dan jadinya adalah kop surat lengkap dengan kop, nama institusi, alamat dan segala hal yang melekat di kop termasuk pemformatannya yang biasa terpakai. Coba saja hitung berapa penghematan yang kita sudah lakukan.

Kalau orang punya profesi tertentu maka banyak sekali kata yang spesifik ia gunakan, itu juga dapat mereka buat sendiri. Jika rekan sejawatnya membutuhkan autocorrect buatannya bisa dibagikan kepada yang membutuhkan. Seperti saya, guru kimia, berapa banyak rumus kimia yang selalu saya gunakan berulang itu lagi dan lagi dengan berbagai pemformatannya. Tentu sangat–sangat hemat waktu. Dengan cara seperti ini pula saya akhirnya lebih suka menggunakan microsoft word ketika mengajar sebagai pengganti papan tulis.

Memang siapapun yang menggunakan autocorrect harus hafal dengan kode yang telah ditetapkan. Kelemahan lainnya autocorrect ini hanya berfungsi ketika kita mengetik di aplikasi microsoft word. Namun sesama pengguna microsoft word masih dapat berbagi. Tersedia aplikasi kecil yang dapat memfasilitasi berbagi autocorrect, siapapun yang telah membuat autocorrect dapat me–restore dan mem-backup autocorrect tadi.

Bagaimana kalau ingin mengetik, membuat tulisan untuk blog, blogspot/blogger? Aha ini kita bisa akali juga kok. Tetap dapat menggunakan autocorrect di microsoft word kita ketik di microsoft word kemudian kita salin dan convert to html, salin lagi letakkan di blog. Untuk pengguna blog di wordpress.com tidak perlu melakukan convert to html, langsung salin dan tempel di editor yang biasa dipakai untuk menulis artikel di wordpress.com itu. Jadi kalau untuk ngeblog tentu akan menjadi jauh lebih sip :)

Tutorial mengenai bagaimana membuat autocorrect ini beberapa kali saya tulis di blog saya yang ini. Sila mengunjungi dan membaca tutorialnya, mudahan itu cukup mudah untuk diikuti. Jika ada yang ingin ditanyakan sila meninggalkan komentar di sana (di blog urip.wordpress.com) atau di sini atau di facebook saya. Jika ingin mendapat respon cepat silakan bertanya melalui facebook :)

Selamat mengubah kebiasaan agar pekerjaan ketik–mengetik menjadi lebih hemat waktu.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info