Mencicipi jQuery-Calx - Memindahkan Excel ke Webiste

Sabtu, 18 April 2015

Sempat mencoba membuat kalkulator sederhana sekedar untuk mengenal javascript tanpa dasar, terpikir bahwa logika untuk mengonversi rumus-rumus yang dibuat di microsoft excel bisa diubah ke dalam kode javascript. Yah ternyata itu bisa, namun bukan hal mudah buat awam-er kayak saya. Jelajah via google digiringlah saya ke github. Github adalah gudangnya orang-orang kreatif dengan berbagai pengalaman koding yang dibagi begitu saja. Akhirnya jumpa pertama dengan Calx, Calx ini adalah semacam plugin-Jquery yang kerjanya bisa digabung untuk kepentingan membangun website serius dengan berbagai aplikasi di dalamnya atau sekedar blog ecek-ecek kayak punya saya ini.

Calx secara prinsip mampu menjembatani kita yang terbiasa menggunakan m.excel untuk tujuan memudahkan kerja kalkulasi atau olah data. Dengan pengembangan yang luar biasa Ikhsan (sang pengembang Calx) ini rajin membuat pembaharuan dan cukup responsif menanggapi pertanyaan dari pengguna. Ini bisa dilihat di website Ikhsan (Xsanisty.com) ini termasuk perkembangan dan beberapa kemajuan Calx hingga versi terakhir Calx v2.2.0 yang sepertinya semakin matang untuk bisa dimanfaatkan.

Sekilas dari google saya lihat belum banyak yang memanfaatkan Calx racikan Ikhsan ini, meskipun diluar sana sudah banyak yang memanfaatkannya. Tapi yakin semakin ke belakang (waktu) akan semakin banyak yang membantu memberi masukan hingga nanti akan jadi Calx yang benar-benar matang. Jelas tidak semua orang punya kemampuan koding sehingga diperlukan fasilitas yang membuat orang lain tidak terlalu merasa pusing melihat deretan kode-kode HANYA untuk membuat sesuatu yang lebih baik :D

Saya sendiri baru bisa memanfaatkan sedikit sekali karena juga baru tahu. Namun melihat kemampuan excel yang sudah luar biasa maka dengan adanya Calx ini orang akan lebih bisa memanfaatkan excel untuk ditaruh di blog-websitenya untuk memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Kalau blog saya ini, gak ada apa-apanya tidak lebih dari tulisan perjalanan saya menggunakan blogger sembari memberi tutorial untuk aktivitas saya mengajar kimia di jenjang sma. Ini sekedar agar apa yang saya lakukan bisa saya amati dan jika ada yang lupa bisa lihat catatan sendiri.

Oke kembali ke Calx. Saya sudah mencoba memanfaatkannya untuk membuat kalkulataor yang tidak lebih dari pengoperasion operator "kali" dan "bagi" saja. Yah baru di situ yang saya bisa. Secara prinsip tidak beda ketika saya menggunakan excel hanya menggunakan 3 sel saja, sel pertama adalah untuk input data-cell 1 dan sel kedua adalah untuk input data-cell 1 serta yang ketiga adalah untuk data-formula (atau output). Hanya 3 sel saja. Ini memang baru coba-coba. Hanya menggunakan 3 variabel, entah nanti :)

Tampilan dan kode yang saya pakai adalah sebagai berikut.




Bagaimana jQuery-Calx bisa digunakan di blogger?
Sebagaimana biasanya kalau kita hendak menggunakan kode/script kita mesti memasang kode javascript yang ditempatkan dalam bagian <head> template blogger. Untuk kode bisa diambil atau di download dari website penyedianya di sini. atau jika kuatir kali aja ada perubahan tanpa sepengetahuan kita, kita bisa simpan kode javascrip dari jQuery-Calx ke hosting script seperti www.yourjavascript.com. Selanjutnya untuk lebih jelasnya bagaimana Calx bisa digunakan bisa disimak pada file yang disediakan pengembang, download dari sini. Sila ekstrak dan baca-baca deskripsi dan contoh penggunaannya.

Selamat utak-atik kode javascript.



Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info