Mempelajari Kode Website dengan Ctrl+U

Minggu, 26 April 2015

Bagi orang awam tentang dunia website/blog seperti saya belajar dapat dimulai dengan mempelajari website milik orang lain. Melakukan pengamatan ketika melihat sesuatu yang bagus pada website/blog yang kebetulan dijumpai, kemudian memunculkan rasa ingin tahu bagaimana hal bagus itu dibuat. Beruntung pada setiap alat jelajah (browser) internet memiliki fasilitas untuk mengetahui apa yang terjadi dibalik website yang kita kagumi. Bahwa setiap sesuatu yang tersaji di internet akan dengan mudah dilihat "source code"-nya.
Inilah sumber saya belajar tentang kode-kode yang digunakan untuk pembuatan website. Tidak perlu secara formal mengenalinya dari A-Z, cukup seperlunya sesuai kebutuhan saja. Andai niat benar tentu diawali dari A akan bagus asal sabar.

Bagaimana ini dapat dilakukan? Seperti saya tulis di awal bahwa semua browser punya fasilitas itu. Tekan tombol papan ketik CTRL+U kalau di Firefox atau Google Chrome. Dengan itu kita bisa melihat kode-kode yang membuat suatu website/weblog tersaji. Secara minimal untuk dapat sedikit memahami kode-kode suatu website siapa pun mesti kenal apa itu HTML, CSS, dan beberapa jenis script/kode karena hampir semua website dibangun dengan kode-kode itu. Dari sinilah kita dapat memulai mempelajari pola dan struktur suatu website.

Beberapa hari terakhir saya sedang senang-senangnya melakukan pengamatan terhadap website yang menyajikan kalkulator (alat hitung) untuk bidang yang saya geluti, pelajaran kimia. Dengan bermodal tombol CTRL+U saya bisa bereksperimen dengan kode-kode website tadi. Prosedur yang biasa saya lakukan adalah:
  1. Buka website yang ingin kita pelajari kodenya;
  2. Tekan tombol CTRL+U, hingga muncul jendela baru;
  3. Tekan tombol CTRL+A, ini untuk mengeblok (seleksi) semua kode yang terpampang;
  4. Tekan tombol CTRL+C, ini untuk menyalin semua kode yang terblok tadi;
  5. Buka aplikasi notepad (di windows bisa akses dari Start >> All Programs >> Accecories >> Notepad;
  6. Tekan CTRL+V, ini untuk meletakkan salinan kode tadi dalam Notepad;
  7. Tekan CTRL+S, ini untuk menyimpan file yang berisi kode tadi. Sebelum disimpan pastikan kita menambah ekstensi nama file dengan tambahan ".html", artinya kita akan menyimpan file dalam format html sehingga bisa dibuka dengan browser. Jangan lupa direktori/folder tempat  menyimpan file tadi agar cepat mengaksesnya.
  8. Sementara file masih terbuka di Notepad, kita bisa mencoba membuka file html tadi di browser. Jika tampilan tidak sama dengan website aslinya ini normal, karena pada file html yang disimpan masih belum sepenuhnya memuat kode-kode lain yang tidak tercantum dalam berkas. Kadang pembuat website sengaja menyimpannya di tempat terpisah agar tampilan kodenya lebih rapi dan ringan.
  9. Banding-bandingkan tampilan dan kode yang sudah terpampang itu. Caranya, lihat website asli-nya kemudian tekan tombol CTRL+SHIF+C, ini untuk menginspeksi bagian-bagian dalam website tersebut, termasuk dibagian mana bagian itu dibuat dan seterusnya.
  10. Cukup sekian, akan dilanjut pada tulisan berikutnya. 
  11. Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info