Berbagi Tulisan secara Otomatis ke Media Sosial dari Blogger Melalui IFTTT

Rabu, 08 April 2015

Jika di wordpress.com tersedia Jetpack yang tinggal atur sedikit maka setiap kita posting tulisan di wordpress.com langsung terkirim ke akun media sosial yang sudah kita hubungkan. Bagaimana jika di blogger-blogspot? Sebelumnya saya memanfaatkan jasa dlvr.it namun saya tidak puas karena jika terhubung ke facebook maka gambar yang di tampilkan dari blogger murni sebagai gambar tidak langsung ke blog meskipun pranalanya ada di bagian bawah gambar tadi. Ini kurang menguntungkan, karena diklik gambar tadi bukan dibawa ke blog tapi hanya melihat gambar. Nah selain yang saya sebut tadi, alternatif lainnya adalah membagikan tulisan dari blogger ke akun media sosial yang kita punya melalui IFTTT.com Caranya?

Berikut langkahnya
  1. Register dengan menggunakan akun email dan memasukkan password yang akan kita pakai di IFTTT.com
  2. Buka email yang sudah digunakan daftar pada langkah 1, jika tidak ketemu coba periksa di kotak spam email yang Anda gunakan.
  3. Lakukan konfirmasi (aktivasi) akun dengan ngeklik pranala yang tersedia dalam email tersebut.
  4. Siap bikin koneksi dari Blogger ke media sosial terpilih milik kita.
  5. Cari logo Blogger dengan mengetik "blogger" dan klik Search. Hasilnya seperti gambar berikut
  6. Pilih mau menghubungkan tulisan di blogger ke akun media sosial yang mana, saya contohkan ke Facebook Page (Halaman Facebook), maka klik gambar di sebelah kiri tulisan If Post blogger then Post to Facebook Business Page.
  7. Sudah tinggal klik Add Recipe dan tekan done.
  8. Jika perlu melakukan perubahan pengaturan kita bisa masuk ke home IFTTT.com dan klik My Recipes. Di halaman inilah semua kita bisa tambahkan koneksi dari blogger ke media sosial lainnya, semua yang terhubung akan tampil di halaman ini. Kita bisa aktifkan atau hentikan koneksi yang telah kita buat sebelumnya.
  9. Jika ingin menghubungkan blogger ke media sosial lain tinggak klik menu ""Browse" dan ikuti langkah ke 4 tadi.

Catatan jika ada notifikasi yang menyatakan IFTTT memerlukan autentifikasi akun untuk menghubungkan akun blogger ke akun media sosial iyakan saja. :D tapi risiko tanggung sendiri yah :) :)
Bagikan di

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info