Baru Bersentuhan dengan CSS

Sabtu, 04 April 2015

Aktivitas saya adalah dunia pengajaran kimia, bukan dunia IT, hanya saja kadang menggunakan IT untuk aktivitas saya. Walau sejak 2006 ngeblog di wordpress.com, script html saja sangat minim saya pelajari. Alasannya memang selama itu fokus di konten (seolah - yak-yak-o dan nganu banget) sehingga apa yang ada di balik wordpress.com tidak saya pikirkan sama sekali. Baru beberapa bulan terakhir ngeblog di blogspot dengan kelonggaran yang lebih dari cukup memaksa saya berkenalan dengan dunia lain. Salah satunya adalah CSS, yah saya baru saja bersentuhan dengan-nya.


CSS (Cascading Style Sheet) secara singkat yang saya pahami adalah suatu skrip yang membuat tampilan website atau sejenisnya bisa berwarna-warni, rapi-jali seperti yang dilihat mata. Jadi soal tampilan situs web memang lebih banyak ditentukan oleh CSS selain tentu saja dukungan skrip lain. Itu kalau pembuat website mau menggunakannya, sebab tanpa CSS bisa saja membuat tampilan website tetap keren. Walau baru bersentuhan saya sedikit-sedikit merambahnya dengan modal pas-pasan dan rasa ingin tahu saja. Rujukan utama saya tidak lain adalah w3schools.com serta berbagai web lain yang disuguhkan google.com kemudian saya pilih sesuai kesukaan. Haruskah mengerti semua? Oh tentu kalau ingin mahir menggunakannya. Kalau saya yah seperlunya saja sambil coba-coba.

Gambar dari google image tentang posisi CSS dalam pembuatan website

Buat orang awam seperti saya untuk memahami CSS ini bisa dengan hanya coba-coba dulu di ruang tertentu di sini. Baca seperlunya terus ikuti Try It Your Self pokok-e. Lebih instan lagi bisa memanfaatkan semacam CSS-Generator (tidak pakai bahan bakar kok generator yang ini). Sambil mengamati, meniru, mencoba semua tentu akan paham bagaimana mengaplikasikan bahkan memperalat CSS untuk menjadi mesin ibadah bahkan mencari uang :D Jauh banget yah, mau gimana lagi toh kebanyakan manusia tujuannya yah itu, tapi yah terserah wis-lah.

Untuk versi terkini CSS semakin banyak kehebatannya sebab alat penjelajah juga hampir semua mendukungnya. Berbagai contoh kecanggihan karya menggunakan CSS bisa kita lihat bertebaran dan gratis buat kita pelajari, kita tiru, kita modivikasi. Pingin tahu contoh-contoh itu tinggal ketik di kotak pecarian google misalnya seperti ini dan ini. Tinggal telusuri saja, biasanya dari tutorial yang dibuat ada skrip html, css, mungkin skrip lain dan tampilan hasil. Untuk coba-coba boleh menggunakan blogspot-blogger. Kita bisa saja membuat banyak blog untuk latihan menerapkan apapun yang ingin pelajari.

Buat siapapun yang ngeblog dengan menggunakan blogspot (gratis) tentu jadi lahan buat banyak berlatih. Pantas saja teman-teman yang aktif ngeblog dulu sudah mahir bikin website sendiri. Saya saat itu memang belum tertarik untuk mengenalinya. Menyesal tiada guneeee. Saat inilah saya awali belajar tentang itu. Gak perlu guru fisik untuk mempelajari tentang CSS dan sebangsanya itu, internet yang lancar dan keinginan untuk mencoba hal baru adalah modal utamanya. Ups tapi ini tentu perlu waktu yang tidak sedikit, tergantung kemampuan mencerna dan memahami setiap penjelasan dari para tutor virtual itu.

Semangat untuk belajar!









Bagikan di

4 komentar:

  1. tak mau kalah sama pak urip *semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda adalah pemberi komentar pertama di blog saya ini, silakan ambil hadiahnya di distributor terdekat :D

      Hapus
  2. Assalamu'alaykum..
    Pak Urip, koq sekarang blog-nya ada 2? Apa bedanya sama yg di wordpress pak? apa skrg lg tertarik main di blogger? #penasaran.. he"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam, Yah sekedar coba-coba saja, biar punya suasana baru, di wordpress sudah lama, kalau di sana terus saya gak pernah akan belajar kode-kode web seperti yg harus dipunyai blogger :D

      Hapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info