Pembahasan Soal Isian Kimia KSM Kab-Kota 2022

Jumat, 09 Juni 2023 edit

Berikut ini pembahasan soal kimia kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat kabupaten/kota tahun 2022. Sumber soal asli dan bidang lain dapat diunduh dari sini. Bahasan pada tulisan ini hanya untuk soal isian saja sebanyak 14 nomor, soal pilihan ganda bagian-1 dan bagian-2 ditulis terpisah. Mohon koreksi bila ada pembahasan yang kurang tepat.

Soal #2 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Semua yang ada di alam, telah ditetapkan Allah SWT bentuk dan ukurannya, termasuk massa atom dan elektron. Meskipun ukurannya sangat kecil, massa elektron dapat ditentukan. Dari eksperimen Stoney, Milikan, Thomson, dan Chadwick, diperoleh data sebagai berikut:

Berdasarkan informasi tabel, jika dalam suatu reaksi dengan tembaga dilepaskan elektron sebagai berikut:
Cu →  Cu+2 + 2e
maka jumlah massa 2 mol elektron yang dihasilkan adalah …. μg 
Jawaban berupa bilangan  bulat tanpa desimal)



Soal #3 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Salah satu makanan yang diharamkan oleh agama adalah makanan yang beracun karena dapat membahayakan tubuh dan menyebabkan kematian. Hal ini sesuai dengan kaidah ushul fiqih:

Banyak tanaman beracun disebabkan tingginya kandungan natrium oksalat (Na2C2O4) di dalam batang dan daunnya. Konsumsi zat tersebut dalam kadar tertentu dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran pernapasan dan kematian.

Natrium oksalat hasil ekstraksi dari suatu tanaman dilarutkan dalam 50 mL air dan menunjukkan angka x pada pH-meter. Ion oksalat (C2O42-) yang terdapat dalam larutan tersebut jika Ka H2C2O4 sebesar 5,4 x 10–5 adalah …. mol.
(Diketahui x = 10 kali jumlah kalimat yang memiliki arti berbahaya pada kaidah ushul fiqih).



Soal Isian Soal #6 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Dalam Islam, penggunaan alkohol (etanol) diperbolehkan untuk pengobatan luar tubuh dengan konsentrasi tertentu. Untuk menurunkan konsentrasinya, dilakukan pengenceran. Namun karena titik didihnya rendah dari air, maka perlu dipertimbangkan kehilangan massa dengan cara menghitung entalpi pelarutan. Setelah etanol dilarutkan, terjadi penurunan suhu larutan dari 30 oC menjadi 25 oC. Jika 575 mL gram etanol (C2H5OH) dengan konsentrasi 96% volum dilarutkan di dalam kalorimeter berisi air dan massa air di dalam kalorimeter adalah 1000 gram, maka ∆H pelarutan adalah …. kJ
(Diketahui kalor jenis air sebesar 4,2 J g–1, massa jenis etanol 96%, r = 0,8 g mL–1, massa molar, g mol–1, C = 12, H = 1, O = 16, angka desimal dipisahkan koma)



Soal #7 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Tanda-tanda kekuasaan Allah akan semakin terlihat bagi orang-orang yang berakal sesuai Al-quran surat Ali Imron 190:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Salah satu bukti kekuasaan Allah terdapat pada grafit dan intan. Allah menciptakan grafit dan intan tersusun dari unsur yang sama, tetapi memiliki bentuk dan sifat yang sangat berbeda. Entalpi pembakaran grafit sebesar  –394 kJ/mol sedangkan intan sebesar  –396 kJ/mol. Entalpi pembentukan intan dari x mol grafit adalah …. Joule. 
(Diketahui x = jumlah bacaan alif lam Syamsiyah pada ayat)



Soal #9 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Kalium permanganat merupakan agen pengoksidasi yang banyak digunakan dalam sintesis senyawa organik. KMnO4 juga dapat mengoksidasi asam oksalat menjadi CO2 dimana dalam suasana asam ion MnO4- akan tereduksi menjadi Mn2+ seperti reaksi berikut:
MnO4- + H+ →  Mn2+ + H2O (belum setara)
Massa ekuivalen dari 1 mol KMnO4 adalah …. gram.
(Diketahui: Massa molar, g.mol-1 untuk K = 39 ; Mn = 55 dan O = 16, angka desimal dipisahkan dengan koma)



Soal #10 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Asam salisilat merupakan senyawa asam lemah turunan benzene yang bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit, sehingga dapat membantu muslim untuk memelihara kesehatan kulit sebagaimana dianjurkan dalam Islam.

Seorang peneliti hendak menentukan kadar asam salisilat dalam suatu bedak tabur, dengan menimbang tepat 250 mg sampel dan melarutkannya dalam pelarut tertentu. Selanjutnya 25 mL larutan sampel dititrasi menggunakan NaOH 1 N, dan dibutuhkan 3,5 mL NaOH hingga mencapai titik akhir titrasi, dengan reaksi sebagai berikut:

Jika diketahui 1 mL NaOH setara dengan 13,812 mg asam salisilat, maka kadar asam salisilat dalam bedak tabur adalah …. %  (Jawaban dibulatkan tanpa angka desimal)



Soal #15 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Kreatinin, C4H7N3O, merupakan produk samping dari metabolisme otot yang dapat digunakan sebagai indikator fungsi ginjal. Kadar normal kreatinin dalam darah untuk orang dewasa adalah sekitar 1,0 mg/dL. Jika 10 mL sampel darah dengan kadar kreatinin normal memiliki tekanan osmotik sebesar 2,58 × 10-3 atm, maka suhu pengukuran sampel darah tersebut adalah …. o
(tulis jawaban dengan bilangan bulat tanpa desimal); (Diketahui densitas darah 1,026 g/mL, dan massa molar, g.mol-1 untuk H = 1, C = 12, N = 14 dan O = 16)



Soal #21 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Senyawa A (CxHyOz) hanya memiliki karbon primer dan sekunder dengan massa molar sebesar 114 g.mol–1. Struktur senyawa A terdiri dari 73,6% karbon, 12,3% hidrogen dan sisanya oksigen. Selain dapat bereaksi dengan reduktor, senyawa A juga dapat bereaksi dengan suatu oksidator membentuk cincin perak. Nama IUPAC dari senyawa A adalah ….



Soal #24 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Suatu perhiasan dengan bahan logam tembaga hendak dilapisi oleh perak, untuk meningkatkan kualitasnya melalui proses elektrolisis. Untuk itu maka ke dalam 500 mL larutan AgNO3 1 M dialirkan arus 4 ampere selama 4 menit dengan menggunakan Au sebagai anode dan Cu sebagai katode. sebagai berikut:

Untuk perolehan lapisan yang tepat, perlu diketahui derajat keasaman yang optimal. Dengan asumsi volume larutan tidak berubah, pH larutan adalah….

(Jawaban berupa bilangan dengan 1 desimal di belakang koma)



Soal #25 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Allah melarang melakukan hal yang dapat membahayakan jiwa sebagaimana dalam Al-quran surat Al-Baqarah:

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Dalam konsumsi obat-obatan juga harus memperhatikan dosis yang aman agar tidak membahayakan tubuh. Dosis penggunaan obat aspirin untuk anak-anak di bawah 12 tahun adalah x mg/kg berat badan. Satu tablet Aspirin jika dihaluskan dan ditambahkan air (sampai larut ) kemudian dititrasi dengan 0,1 mol.L-1 NaOH, maka dibutuhkan 13,9 mL larutan alkali untuk menetralkannya. Persentase massa tablet yang aman dikonsumsi oleh Ahmad dengan berat badan 15 kg adalah …. % (Diketahui massa molar, g.mol-1 untuk H = 1; C=12; O=16 dan x = 10 kali jumlah bacaan ikhfa’ pada ayat di atas)



Soal #26 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Islam mengizinkan muslimah menggunakan kosmetika tertentu dengan tidak berlebihan, bahkan ada kosmetika yang mendukung kesehatan dan disunnahkan dalam Islam, seperti penggunaan pensil (celak) alis mata pada wanita. Sayangnya, beberapa kosmetika jenis ini ada yang mengandung logam berbahaya seperti Pb dan Cd. Hasil Uji kuantitatif terhadap kedua logam ini terlihat sebagai berikut:

Jika batas aman yang ditetapkan untuk Pb sebesar 20 ppm dan logam Cd sebesar 5 ppm, maka sampel yang aman untuk digunakan adalah kode varian ….  (Diketahui massa molar, gmol-1, Pb=207, Cd=112,4)



Soal #28 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Gas SO3 bersifat sangat reaktif dan mudah bereaksi dengan uap air di udara membentuk asam sulfat. Jika pada suhu dan tekanan tetap (STP) dalam ruangan yang bervolume 100 dm3 dipanaskan 11,2  dm3 SO3 hingga terdisosiasi 50% , harga tetapan kesetimbangannya adalah ….
(Jawaban berupa bilangan dengan 2 desimal di belakang koma)



Soal #29 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Nabi Muhammad selalu mengajarkan tentang kebersihan sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh imam Ath-Thabrani:

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Pakaian putih yang terkena noda menjadi susah dibersihkan dengan deterjen sehingga membutuhkan zat lain seperti klorox (NaOCl). Untuk membuat larutan pembersih dengan pH 7, HOCl (Ka= 2,8×10–8) yang harus ditambahkan kedalam x mL klorox 0,028 M adalah …. mmol.
(Diketahui: x = 50 kali jumlah kalimat yang mengandung arti bersih pada hadist nabi di atas)



Soal #30 KSM Kimia 2022 Kab/Kota

Suatu perairan dideteksi mengandung ion raksa (II) yang secara kualitatif diidentifikasi menggunakan kalium iodida membentuk endapan kuning, dengan reaksi sebagai berikut:
Hg+2(aq) + KI(aq) → HgI2(s) + KNO3(aq) (catatan: reaksi belum setara)
Jika 500 mL sampel perairan yang mengandung larutan ion raksa (II) ini bereaksi tepat dengan 500 mL larutan KI 0,1 M, maka secara kuantitatif, massa ion raksa (II) yang terdapat di perairan adalah …. mg (diketahui: massa molar, g mol-1, Hg = 200 dan I = 127); (Jawaban merupakan bilangan bulat tanpa desimal)



KSJSS, terima kasih.

Bagikan di

1 komentar:

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info