Media Belajar Struktur Kisi Kristal secara Daring

Kamis, 04 Februari 2021 edit

Berawal dari jelajah artikel di Journal of Chemical Education untuk mencari materi struktur kristal, bertemu dengan salah satu artikel yang menarik perhatian saya. Judul artikelnya Interactive Unit Cell Visualization Tool for Crystal Lattice Structures. Untuk membaca secara daring silakan klik Read Online.  Bila mau mendownload silakah download, bisa, setidaknya saat saya mengaksesnya saat menulis ini. Dalam artikel ini diberikan tawaran aplikasi berbasis website yang memfasilitasi pembelajaran struktur kisi kristal. Simak lebih lanjut.

Tidak banyak penjelasan namun sangat mudah dipahami. Mungkin peran pengajar dibutuhkan untuk membantu siswa/mahasiswa memahaminya. Bahkan dari tautan lanjutan pembaca juga diberikan contoh lembar kerja untuk diadopsi.


Sekilas tampilan dapat di lihat dalam video berikut.



Struktur dasar kisi kristal yang tersedia memang terbatas hanya tersedia visual:Simple Cubic, Body-Centered Cubic, Face-Centered Cubic, Sodium Chloride, Calcium Fluoride, dan HCP, namun ini sudah cukup untuk menjadi dasar dalam memahami struktur kisi lebih lanjut. Visual yang ditampilkan dapat dalam bentuk unit cell (sel satuan), layer (lapisan), bentuk koordinasi, dan tampilan single. Tidak lagi sulit untuk membayangkan bagaimana dalam kisi yang terbelah atau teriris, semua kasatmata.

Silakan klik tautan berikut untuk mengunjungi website media pembelajaran tentang struktur kristal yang dimaksud. https://atom.calpoly.edu/crystal/. atau dapat juga diakses dari https://jeremyberchtold.com/UnitCellVisualizer/ .Aplikasi ini bersifat terbuka, skripnya dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

KSJSS.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info