Cara Menulis Rumus Kimia untuk Google Forms

Selasa, 29 September 2020 edit

Pemformatan superskrip dan subskrip yang sangat diperlukan untuk penulisan rumus kimia, namun saat tulisan ini dibuat pihak Google belum juga menambahkan tools untuk pemformatan itu. Oleh karena itu diperlukan teknik agar pengguna masih dapat menuliskan rumus kimia seperti aturan resmi. Dalam video ini dapat disimak cara agar rumus kimia itu tetap tertulis di Google Forms. 

Secara prinsip di sini digunakan unicode. Dengan ini maka tidak lagi diperlukan pemformatan <sup> atau <sub> sebagaimana lazimnya pemformatan html atau CSS.
Unicode tersebut untuk penulisan rumus kimia tidak banyak, hanya ada 23 karakter seperti di bawah ini.

⁰¹²³⁴⁵⁶⁷⁸⁹ XYZ ₀₁₂₃₄₅₆₇₈₉ ⁻ ⁺ ° 

Boleh saja unicode super dan subskrip tersebut disalin satu-satu sesuai keperluan di Google Forms, namun cara seperti itu tidak efisien waktu. Oleh karena itu diperlukan bantuan pengetikan di aplikasi pengolah kata, misalnya Ms Word atau LiberOffice - Write atau yang lain.  

Misalnya digunakan Ms Word, dapat memanfaatkan fasilitas autocorrect option sehingga pengetikan rumus kimia yang akan disalin ke Google Forms menjadi lebih cepat, tidak lagi mengopi atau menyalin satu-satu manakala akan disisipkan subskrip (angka indeks) atau bilangan dengan pangkat tertentu.

Dengan autocorrect option penyalinan dilakukan dengan diwakili penambahan karakter tertentu, di contohkan sandi pengetikan 4 dapat digunakan sandi bilangan yang diapit garis miring seperti /4/, demikian pula untuk unicode lain, sementara untuk superskrip 6 boleh menggunakan sandi \6\ dan seterusnya. Lebih jelas sila simak video berikut, dijelaskan dari nol.

Semoga bermanfaat. 

Video-1
Autocorrect Unicode Rumus Kimia Ms Word untuk Disalin ke Google Forms



Video-2:
Trik “Cepat” Menulis Superscript - Subscript Rumus Kimia untuk Google Forms


Video-3:
Detail Cara Mengubah Pemformatan ke Unicode dan Menyalin Soal Kimia MS. Word ke Google Forms


Video-4:
Cara Membuat Baris Baru di Google Forms

Download/unduh skrip google untuk membuat baris baru di google forms yang dijalankan melalui menu Editor skrip.


Video-5:
Ukuran Proporsional ˈskrēnSHät Nyaman Dibaca di Gawai untuk Google Forms

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info