Menghapus Password Sheet Terproteksi tanpa Excel Password Remover

Sabtu, 23 Desember 2017

Banyak orang membuat file-file dengan format Microsoft Excel (selanjutnya disebut Excel) untuk kebutuhan tertentu dan membagikannya kepada yang membutuhkan. Dengan berbagai alasan setiap sheet itu diproteksi dengan menggunakan password tertentu sehingga bagian-bagian tertentu tidak dapat diubah atau diedit, atau rumus yang ada sengaja disembunyikan dan lain-lain. Secara prinsip file tersebut tetap berfungsi sebagaimana file tersebut dibuat, siapapun bisa memberi input tertentu yang diijinkan pembuat, namun bagian penting tidak diijinkan untuk mengubahnya. Tidak sedikit pihak yang juga ingin tahu apa yang terjadi di belakang layar lembar kerja file Excel itu, namun ia tidak tahu apa password agar dapat mengeditnya. Berikut ini tutorial membuang password lembar kerja Excel yang terproteksi itu tanpa menggunakan aplikasi Excel Password Remover.
Jika terasa sulit boleh dicoba cara yang ada di bagian bawah postingan ini, akan jauh lebih praktis pasti.

Prinsip kerja pada tutorial ini sama persis dengan saran-saran yang telah beredar luas.
  • Unduh file contoh dengan nama Sheet terproteksi.xlsx dari sini.
    Buka Windows Explorer (diasumsikan penggunakan menggunakan WINDOWS 10), cari file hasil unduhan tadi. Ubah ekstensi xlsx menjadi zip, misal nama file Sheet terproteksi.xlsx, diubah menjadi Sheet terproteksi.zip. Caranya dengan klik kanan dan Rename file tersebut.

    Bila kesulitan mengubah ekstensi file karena tidak terlihat tulisan ekstensi xlsx-nya sila lanjut baca tutorial langsung di sini.



  • Ekstrak file zip tersebut menggunakan aplikasi yang sesuai misalnya menggunakan 7zip atau sejenisnya. Bila diperlukan boleh unduh dari sini dan sila install.




  • Buka file hasil ekstrak-an tersebut, cari folder sesuai nama file, buka folder xl, buka folder worksheets, buka SETIAP file dengan extensi xml dengan menggunakan aplikasi Notepad, disarankan menggunakan aplikasi Notepad++.
    Unduh dari sini jika belum punya dan sila install.
    Dalam contoh file yang disertakan ini akan terdapat 5 sheet yang diproteksi untuk bahan latihan.





  • Cari tulisan <sheetProtection algorithmName....


  • Blok dan hapus tulisan <sheetProtection... hingga tanda />
  • Simpan file tersebut dengan menekan Ctrl+S
  • Lanjutkan untuk file xml yang lain dalam folder worksheet tersebut dengan cara yang sama seperti langka sebelumnya.
  • Kopi/salin semua file berekstensi xml  ke dalam folder worksheet dalam file zip dengan menimpah file xml yang sudah ada sebelumnya. Sebelumnya  buka file zip hingga folder workshet. Ingat tidak perlu diekstrak lagi.
  • Ubah kembali entensi zip ke xlsx lagi.
  • Buka file xlsx tersebut sebagaimana biasa, maka sheet-sheet itu tidak lagi terproteksi alias tanpa meminta password jika ingin mengeditnya. 
Tambahan bagi yang masih awam

#Bila file dalam folder Windows explorer (pada WINDOWS 10) tidak menampilkan ekstensinya, sila klik menu View >> centang pada bagian File name ekstensions.


Untuk pengguna Windows 7, bila extension file tidak muncul pada Windows Explorer WINDOWS 7, pada Menu drop down list Organize >> Folder and Search Option >> pindah Tab View >> Buang tanda centang Hide Exstension for Known File Types >> OK


#Bila ingin menampilkan Sheet tab yang tidak tampak, seperti pada gambar berikut,


Lakukan klik Menu File >> Options  >>  Advanced >>  di layar kanan gulung ke bawah hingga mendapati Display Options for this workbook: >> beri tanda centang pada point Show sheet tabs >> OK.


Hasilnya akan tampak seperti berikut untuk contoh file yang disertakan dalam tutorial ini:




#Bila lembar kerja excel tampak seperti berikut dan ingin memunculkan Formula Bar, Gridlines, Heading, lakukan langkah berikutnya


Klik Menu View >> beri tanda centang pada point Formula Bar, Gridlines, Heading, sehingga hasilnya seperti berikut:




#Bila pada lembar kerja, ternyata baris atau kolom tersembunyi hingga bagian akhir (hanya ditampilkan kolom atau baris awal yang dikehendaki) seperti pada gambar berikut,



Sila klik tanda segitiga kecil di pojok yg ditunjuk. Beralih ke atas kolom A atau B atau C dan klik kanan selanjutnya pilih unhide. Bila ingin menampilkan semua baris caranya sama untuk menampilkan kolom, hanya setlah klik tanda segitiga kecil dipojok yang ditunjuk itu beralihkan ke baris 1 atau 2 atau 3 dan klik kanan selanjutnya pilih unhide.




#Bila kita mempunyai password untuk membuka proteksi sheet pada file Excel, tidak perlu lakukan cara di atas, pada aplikasi Excel klik menu Home >> Format >> Unprotect Sheet...
Kemudian masukkan password pada kotak dialog yang tersedia dan klik OK.




Pemutakhiran 19.00 WIB, 24 Desember 2017.
Jika cara di atas dirasa sangat panjang, menyulitkan, dan tidak yakin bisa, boleh coba cara berikut.
Untuk menghapus proteksi sheet pada Excel salah satu caranya adalah dengan menyimpan file xlsx sebagai file xls untuk format ms excel 2003 (Save as...)
kemudian mengupload ke web

http://www.ensode.net/xls-crack.jsf

Mungkin akan terdapat peringatan compatibility terhadap format file, namun hasil uji coba file sederhana semua berhasil.

Jangan lupa beri tanda centang pada "I accept the terms and conditions". Pilih berkas dan Submit. Tunggu prosesnya dan kita akan dikirimi balik file dengan nama file "unlocked.xls.
===============================

Selain itu ada yg jauh lebih praktis lagi, tidak perlu save as xls lagi boleh langsung upload file xslx. Upload dan tunggu beberapa saat kita akan mendapat file unlocked-nya. Yang mau coba sila di sini

https://excel.xartifex.com/

Cara ini lebih mudah dibanding cara ubah ke format zip, edit sheet xml dan seterusnya itu.

Demikian semoga dapat dipahami dan membantu bagi yang membutuhkan. Terima kasih.

Bagikan di

1 komentar:

 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info