Menyisip Gambar Struktur Molekul dari Chemsketch ke dalam Tulisan Ms. Word

Rabu, 14 Desember 2016

Tutorial untuk level pemula, aplikasi yang digunakan Chemsketch dan Microsoft Word. Kegiatan tulis menulis yang berhubungan dengan bidang kimia sering mengharuskan pengetik memasukkan beberapa gambar berupa struktur molekul beserta rumus kimia lain. Ini bukanlah pekerjaan sulit bagi yang sudah terbiasa. Pembiasaan ini tentu saja diperlukan keajegan, dilakukan terus menerus dan penuh kesabaran, tidak pantang menyerah. Bagi mahasiswa dan guru kimia ini adalah aktivitas keseharian, meskipun sebelum ada aplikasi penggambar struktur dapat saja dilakukan secara manual, menggambar bagian per bagian. Sangat tidak praktis dan hasilnya biasanya jauh dari kata bagus dan benar. Walaupun sudah tersedia tidak sedikit yang belum menyentuh dan menggunakannya.

Adanya aplikasi (software) pembuatan gambar 2 dimensi (2D) bahkan 3 dimensi (3D) untuk bidang kimia tentu menjadi hal yang meringankan kerja ketika kita harus membuat tulisan yang terdiri dari gambar struktur molekul. Seperti menuliskan rumus struktur suatu molekul baik secara 2D maupun 3D kini dapat dilakukan dengan relatif mudah dan cepat. Kali ini tutorial akan memberikan contoh panduan bagaimana menyisipkan (memasukkan) beberapa struktur molekul ke dalam aplikasi Microsoft Word. Sebenarnya ini murni tutorial mengatur letak gambar (seperti gambar pada umumnya) agar sesuai keinginan. Hanya estetika dan kerapian saja yang menjadi fokus penulisan. Karena ini adalah kebiasaan hari-hari seorang yang menggeluti dunia ke-kimia-an tentu harusnya kita bisa membuat ketikan yang baik.


Contoh pengetikan soal pada soal UN Kimia tahun 2014/2015. Soal berikut tampak dibuat secara manual, terlihat dari gugus benzena yang tidak proporsional. Barang kali dibuat dengan terburu-buru :)


Untuk contoh tadi saya ketik ulang dan struktur molekul saya buat dengan menggunakan aplikasi Chemsketch kemudian saya sisipkan ke dalam ketikan pada ms word. Contoh file dengan format docx  dapat diunduh dari sini.

Secara prinsip setelah gambar dibuat dilakukan peng-cropping-an gambar struktur dan disimpan satu persatu. Penyisipan gambar ke dalam tulisan di Microsoft Word dilakukan dengan memilih menu INSERT PICTURE dilakukan dengan memiliki LAYOUT OPTIONIn Front of Text, standarnya adalah In Line with Text.

Bandingkan soal asli di atas dengan soal yang saya ketikkan di bawah ini. Siapapun dapat membuatnya lebih bagus asal tahu caranya, tidak secara manual dalam menggambar struktur polimer.


Selamat mencoba :)

NB: Tutorial membuat struktur polimer dengan Chemsketch dapat dibaca pada tutorial berikut.




Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info