Menggambar Struktur Polimer dengan Chemsketch

Rabu, 14 Desember 2016

Bahasan tentang polimer pada materi kimia kelas 12 diperlukan kemampuan membuat gambar polimer bagi guru ketika hendak membuat soal atau bahan ajar. Demikian pula bagi mahasiswa ketika ingin menyelesaikan tugas kuliah terkait bahasan polimer. Bisa saja memang dibuat gambar secara manual tentu itu menjadi tidak praktis. Dengan menggunakan aplikasi Chemsketch hal itu dapat dilakukan hanya dengan beberapa kali klik. Bagaimana caranya? Ikuti tutorial singkat berikut ini.

Pada aplikasi Chemsketch untuk membuat rumus struktur polimer yang umum tersedia Template yang dapat digunakan.
Caranya:
  1. Buka aplikasi Chemsketch
  2. Klik menu Templates (atau tekan tombol Alt+m pada papan ketik) → Templates Windows (atau tekan tombol F5 pada papan ketik)
  3. Pilih Polymer Templates, kemudian cari polimer yang sesuai, jika tidak terdapat pada Page 1 coba cari di Page 2 atau Page 3.

  4. Jika polimer yang dikehendaki tersedia, klik struktur polimer tersebut (misalnya di sini dicontohkan dengan memilih polimer Polyproylena).
  5. Klik dalam area kerja hingga struktur polimer muncul, setelah muncul tekan tombol esc pada papan ketik untuk menonaktifkan template yang dipilih.
  6. Hasilnya seperti berikut.
  7. Simpan dengan format png/jpeg/gif dan mengubah resolusinya agar tampilan gambar lebih jelas dan beri nama filenya dan klik Save.


Bagaimana jika struktur polimer yang dimaui tidak tersedia? Mesti membuat sendiri!
Caranya:
  1. Gambar struktur polimer dengan melebihkan satu atom C di kiri dan kanan struktur polimer.
  2. Sembunyikan gugus metil diujung kiri dan kanan dari struktur. Caranya tekan dan tahan tombol Shift klik gugus metil diujung kiri dan kanan kemudian klik Menu ToolsStructure Propertis → Pada tab Common Properties pindahkan ke Atom dan hilangkan tanda centang pada kotak Show → Klik tombol Apply.
  3. Tambahkan tanda kurung siku dengan klik Brackets Tool hingga muncul Brackets Properties dengan urutan langkah seperti pada gambar berikut. Pilih Type: poliymer (SRU), Connectivity: head to tail, klik Apply. Drag Brackets pointer dari ujung kiri ke ujung kanan polimer hingga muncul tanda kurung siku. Jika sudah tutup jendela Bracketc Properties. Jika posisi kurang sesuai dengan keinginan, silakan klik tanda kurung siku hingga muncul titik hitam di sekitarnya kemudian geser ke kiri atau ke kanan untuk menyesuaikan posisinya.

  4. Hasil akhirnya seperti berikut.
  5. Jika hendak menyimpan gambar ikuti langkah ke-7 pada tahapan pembuatan polimer yang tersedia pada Template.
Berikut video tutorial yang dapat diakses di youtube.


    Demikian tutorial "Menggambar Stuktur Polimer dengan Chemsketch". Sampai jumpa pada tutorial berikutnya.


      Bagikan di

      1 komentar:

       
      Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info