Cara Mengurangi Jumlah Atom di Luar Batas Satu Satuan Sel Menggunakan Vesta

Rabu, 03 Februari 2021 edit

How to reduce the number of atoms using Vesta? Bagaimana cara mengurangi jumlah atom menggunakan Vesta. Maksud dari judul artikel ini adalah cara mengurangi atau menyembunyikan atom di luar satu sel satuan (unit cell). Bagi yang baru menggunakan Vesta ini sering kali ditanyakan untuk memvisualkan kisi kristal. Bila belum mempunyai aplikasi VESTA silakan unduh di sini. Silakan simak tutorial berikut ini.

Tutorial format video dapat disimak di bawah ini.



Tutorial bentuk teks dan gambar:
  1. Buka aplikasi Vesta.
  2. Buka file kristal dengan format yang didukung oleh Vesta. Di sini dicontohkan akan dibuka file dengan nama AMS_DATA.amc. Contoh file bisa diunduh langsung dari sini untuk sekadar latihan.
  1. Klik menu Edit, klik submenu Bond. Lakukan ubahan seperti pada gambar berikut. Intinya kita mesti pilih Do not search atoms beyond the boundary. Coba dengan menghilangkan tanda centang di bagian bawah Poly.

  1. Klik Apply dan OK.

Bila tidak berhasil silakan ubah kombinasi pada bagian Polyhedra dengan mengaktifkan tanda centang, untuk bagian atas, dan yang bawah tidak perlu centang, kemudian klik Apply dan OK. Jangan lupa pilih opsi pilih Do not search atoms beyond the boundary sebelum klik Apply dan OK.

Atau bila belum berhasil juga silakan kombinasi lain. centang atau tidak centang di bagian polyhedra itu.

Selamat mencoba. KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info