Rekomendasi Software Kimia untuk Mempelajari Tata Nama Struktur Molekul Organik

Selasa, 04 Agustus 2020 edit

Mempelajari tata nama bisa jadi sebagai hiburan, bukan hal yang penting bagi sebagian orang karena berbagai alasan. Namun cukup merepotkan bila guru tidak memahami prosedurnya. Nama dibuat untuk menyamakan persepsi terhadap suatu molekul. Aturan atau konvensi dibuat agar ada keseragaman pola dalam menyebut molekul tertentu bagi kalangan yang menggeluti bidang kimia. Oleh karena itu dalam belajar perlu membuat simulasi, baik molekul senyawa nyata maupun rekaan. Bisa jadi hari ini senyawa yang digambar sebagai rekaan, mungkin kelak akan dapat disintesa atau ditemukan.

Mempelajari konvensi aturan yang disarankan memang membutuhkan kejelian. Walaupun ada "blue book" yang direkomendasikan tetap saja banyak guru yang kesulitan memahami pola penamaan molekul organik.

Alternatif yang relatif muda adalah dengan menggunakan aplikasi atau software yang dapat memberikan nama setiap struktur molekul yang dapat ditampilkan. Ada beberapa alternatif mulai yang bersifat freeware-fremium maupun yang berbayar shareware-premium.

Manakah software penggambaran 2D model struktur molekul yang paling rekomended untuk mempelajari tata nama struktur molekul organik, baik untuk siswa maupun guru?

Karena setiap software terdapat "plus-minus" sesuai kebutuhan penggunanya, penulis merekomendasikan pertama adalah MarvinSketch; kedua adalah ChemDraw; ketiga adalah ChemSketch.



MarvinSketch (freeware), pengguna diberikan setidaknya dua mode penamaan molekul, nama tradisional mungkin sama dengan nama trivial dan nama yang direkomendasikan IUPAC. Hanya saja aplikasi ini tidak dapat memberi link perubahan nama ketika struktur molekul diubah, pengguna harus meng-generate ulang. Untuk memberi nama struktur molekul dapat diakses melalui menu Structure >> Structure to Name... Selanjutnya beri tanda centang untuk sistem penamaan yang dikehendaki dan klik Ok.
Penomoran cukup fleksibel dapat dilakukan melalui menu Structure >> Mapping.



ChemDraw (shareware), pengguna dapat bereksperimen membuat simulasi penamaan struktur molekul. Begitu struktur diubah penamaan sebelumnya langsung dapat mengadaptasi perubahan yang dilakukan pengguna. Sayangnya ChemDraw tidak menyediakan layanan penamaan apakah yang diberikan itu menganut rekomendasi IUPAC atau mengikuti pola penamaan trivial. Atau mungkin saya, penulis, belum ketemu prosedur untuk memunculkannya :). Untuk memberi nama struktur molekul, blok lebih dahulu struktur molekulnya, klik menu Structure >> Convert Structure to Name
Penomoran atom relatif fleksibel, dapat disesuaikan kebutuhan.


ChemSketch (freeware), ini sama dengan ChemDraw dalam hal penamaan, demikian pula sistem penomoran atomnya juga bagus dapat dimanipulasi untuk menyesuaikan kebutuhan, misalnya untuk memberikan contoh penomoran yang benar dan salah. Untuk penamaan struktur molekulnya dapat diberikan melalui menu Tools >> Generate >> Name for Structure.


Untuk memberikan keyakinan pola atau aturan penamaan MarvinSketch adalah yang sangat direkomendasikan. Selain bersifat freeware visual 2D molekulnya sangat cantik. Tapi tidak direkomendasikan untuk visual 3D-nya. Ulasan pada tulisan di sini sangat subjektif dan terbatas setahu penulis saja. Bisa jadi ada fitur atau cara tertentu yang belum diketahui penulis.


Bagi guru maupun siswa yang akrab dengan gawai, aplikasi mobile yang direkomendasikan adalah KingDraw. Kingdraw pernah dibahas sedikit di sini.

Bila membutuhkan aplikasi yang freeware seperti ChemSketch dan MarvinSketch silakan unduh dari tautan ini.

Tutorial yang direkomendasikan untuk penggunaan software di atas dapat diakses di:
Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info