Manakah Unsur yang Mengalami Reaksi Oksidasi pada Reaksi I2 + S2O32- → I- + S4O62- ?

Rabu, 04 September 2019 edit

Untuk menjawab pertanyaan manakah unsur yang mengalami reaksi oksidasi pada reaksi di bawah ini tentu harus tahu persis bilangan oksidasi (biloks) dan perubahan bilangan oksidasi (PBO) setiap unsur.

I2(aq) + S2O32–(aq) → I(aq) + S4O62–(aq)

Cara umum yang digunakan menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan metode perubahan bilangan oksidasi (PBO) adalah dengan menentukan bilangan oksidasi setiap unsur yang ada pada persamaan reaksi redoks. Untuk reaksi di atas tidak harus dengan metode PBO pun sudah selesai, sudah setara dengan hanya menyetarakan I dan S saja sehingga langkah berikutnya tidak perlu dilanjut.

I2(aq) + 2S2O32–(aq) → 2I(aq) + S4O62–(aq)

Bagaimana jika tetap diminta membuktikan dengan menggunakan PBO bahwa spesi I2 mengalami reduksi menjadi 2I, dan spesi 2S2O32– mengalami oksidasi menjadi S4O62–? Atau ada pertanyaan manakah unsur yang mengalami reaksi oksidasi?

Memang cara umum biasanya adalah dengan menghitung bilangan oksidasi sebagai berikut, dan bilangan oksidasi O dianggap tetap, tidak berubah (–2):


Bila diselesaikan dengan metode setengah reaksi diperoleh reaksi reduksi dan reaksi oksidasi sebagai berikut.

I2(aq) + 2e→ 2I(aq)
2S2O32–(aq) → S4O62–(aq) + 2e

Artinya S2O32– memang mengalami reaksi oksidasi dengan melepaskan 2 elektron. Dalam metode PBO bermakna terjadi kenaikan bilangan oksidasi sebanyak 2. Karena setiap 2S2O32– ada 4 atom S dan dalam S4O62– juga terdapat 4 atom S, lalu atom S yang mana yang mengalami oksidasi?

Mari kita telusuri bilangan oksidasi berdasarkan struktur Lewis setiap ion S2O32– dan ion S4O62–. Pengetahuan yang memadai tentang struktur Lewis yang sebenarnya dapat digunakan menentukan bilangan oksidasi unsur sehingga dapat memperkirakan atom mana yang mengalami oksidasi..

Detil tentang hal ini dapat disimak pada gambar berikut:


Tampak jelas bahwa yang mengalami perubahan bilangan oksidasi adalah atom S yang berperan sebagai atom pusat. Dengan kata lain atom S selain atom pusat tidak mengalami oksidasi.

Untuk memahami penentuan bilangan oksidasi unsur berdasarkan struktur Lewis dapat disimak di sini.

Demikian.
CMIIW.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info