Cara Membuat Simbol Elektron dalam Orbital Tanpa Gambar

Kamis, 24 Mei 2018

Untuk membuat konfigurasi elektron dalam orbital atau subkulit diperlukan ketelatenan agar tampilannya relatif lebih bagus. Berbeda jika membuatnya dalam Microsoft Word atau aplikasi olah kata lain, cukup hanya menyisipkan karakter dari jenis font (huruf) tertentu kemudian di-format sesuai keinginan. Memang tidak dilarang membuatnya dengan aplikasi apapun kemudian di capture dan disimpan sebagai image selanjutnya disisipkan dalam tulisan di website atau blog. Hasilnya kurang bagus kalau menurut saya. Oleh karena itu dicari alternatif yang mungkin agar orbital-orbital yang terisi elektron itu berupa teks dengan karakter yang sesuai, bukan image tentu.



Setidaknya ada 2 alternatif yang dapat dibuat untuk membuat tampilan simbol elektron dalam orbital. Orbital dapat dibuat dengan penanda garis bawah, atau dibuat dalam kotak.

Penggambaran orbital yang ditandai dengan garis bawah ini dapat diakali dengan tampilan seperti berikut. Kelemahannya adalah bila ingin menambahkan keterangan subkulit tampilannya menjadi sedkit berantakan. Keunggulannya adalah tidak perlu membuat kode html untuk tabel seperti pada model kotak-kotak. Untuk memisahkan antarsubkulit cukup diberi spasi dengan kode   tanpa underline pada mode html.

↿⇂ ↿⇂ ↿⇂                                  

↿⇂ ↿⇂ ↿⇂ ↿⇂ ↿⇂    ↿⇂     ↿⇂ ↿⇂ ↿⇂

Kode yang dibuat untuk tampilan di orbital di atas seperti dibawah ini

<b><u>↿⇂</u>&nbsp;<u>↿⇂</u>&nbsp;<u>↿⇂</u>&nbsp;</b><b><span style="color: blue;"><u>↿⇂</u>&nbsp;</span></b><b><u><span style="color: blue;">↿⇂</span></u>&nbsp; &nbsp;&nbsp;</b><b><span style="color: blue;"><u>↿⇂</u>&nbsp; &nbsp;&nbsp;</span></b><b>&nbsp;</b><b><span style="color: blue;"><u>↿⇂</u>&nbsp;</span></b><b><span style="color: blue;"><u>↿⇂</u>&nbsp;</span></b><b><span style="color: blue;"><u>↿⇂</u></span></b>

Berikut ini adalah kode penulisan elektron dalam orbital yang dapat disalin atau ditulis pada mode html.
Satu orbital terisi penuh (2 elektron)
<tr><th>↿⇂</th></tr>
tampilan
↿⇂

Satu orbital terisi setengah (1 elektron)
<tr><th>↿</th></tr>
tampilan
Satu orbital kosong (tanpa elektron)
<tr><th></th></tr>
tampilan
Untuk memberi jarak antara subkulit satu dengan subkulit berikutnya gunakan
<td style="width: 6px;"></td>

Kode style yang dipakai untuk penulisan seperti pada petunjuk di sini adalah sebagai berikut dan diletakkan pada bagian akhir postingan dalam mode html.
<style>
.tabor {
        border:0; 
        cellspacing:1; 
        cellspacing:1; 
        text-align:center;
}
.tabor th {
       background:#ccffcc; 
       border: 1px solid blue; 
       width:18px; 
       height:20px;
}
.tabor td {
       font-size: 11px; 
       font-weight:bold;
}
</style>


Berikut ini contoh penerapannya.
↿⇂↿⇂
1s22s22p13s0

Kode yang ditulis dalam mode html untuk tampilan di atas:
<table class="tabor"><tbody>
<tr><th>↿⇂</th><td style="width: 6px;"></td><th>↿⇂</th><td style="width: 6px;"></td><th>↿ </th><th></th><th></th><td style="width: 6px;"></td><th></th><td style="width: 5px;"></td></tr>
<tr><td>1s<sup>2</sup></td><td></td><td>2s<sup>2</sup></td><td></td><td colspan="3">2p<sup>1</sup></td><td></td><td>3s<sup>0</sup></td></tr>
</tbody> </table>

Jika kurang familiar dengan kode html untuk membuat tabel boleh dibuat di aplikasi olah kata seperti Ms. Word atau Ms. Excel kemudian dikonversi ke html lebih dahulu menggunakan aplikasi daring seperti ini. Berikutnya jangan lupa masukkan class untuk tabel. Boleh juga kode html dibuat di Ms. Excel kemudian di salin ke notepad++.

Selanjutnya silakan kembangkan sendiri sesuai kebutuhan. Sebelum menerapkan contoh di atas sebaiknya kenal lebih dulu tentang tag html untuk tabel.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info