Cara Transfer Data dari Xiaomi Redmi Note 4 ke Komputer (Laptop/Notebook)

Kamis, 04 Januari 2018

Saya adalah pengguna handphone Xiaomi sejak Redmi Note generasi pertama dikenalkan di Indonesia. Transfer data dari Redmi Note ke komputer menggunakan kabel USB ketika itu tidak pernah menemui kendala, tinggal USB debugging langsung dapat melakukan transfer data dari dan ke komputer. Untuk Redmi Note 2 dan 3 saya tidak pernah mencobanya, karena tidak pernah pakai. Redmi Note pertama yang saya gunakan tidak pernah bermasalah jadi cukup itu dulu. Hanya karena sudah cukup lama tidak berganti gawai/gadget dan ingin menggunakan gawai dengan RAM yang lebih lega ingin juga menggunakan Redmi Note generasi keempat dengan RAM 4 GB. Dari dua kali transfer data dari gawai Xiaomi Redmi Note 4 ke Komputer atau sebaliknya sering lupa prosedurnya. Nah dari pada kesulitan lagi nanti saya tulis saja di sini, siapa tahu yang lain juga mengalami hal yang sama.


Berikut ini adalah tampilan Windows explorer (dalam Windows 10) ketika Redmi Note 4 dihubungkan ke komputer, tidak bisa langsung melakukan transfer data, This folder is empty, dianggap folder dalam Redmi Note 4 kosong. Ini memerlukan tindakan tambahan, beda dengan generasi Redmi Note sebelumnya.


Bagaimana caranya agar bisa melakukan transfer data dari dan ke Redmi Note 4?
Langkah pertama hingga keempat berikut ini sudah lazim diberikan pada tutorial-tutorial lain, namun langkah berikutnya saya sendiri sulit menemukannya, akhirnya terpaksa mencari-cari menu-menu yang tersedia. Sialnya langkah berikutnya ini saya sering lupa karena jarang sekali pindah-pindah data, maklum bagi saya ROM 64 GB itu sudah lebih dari cukup. Hanya karena kebutuhan tertentu terpaksa tetap harus pindah data sana-sini.

Ok, berikut ini tahapannya.
  1. Masuk ke Setelan/Pengaturan (Settings) → Tentang Ponsel (About Phone) → Versi MIUI (MIUI Version) dan tap (klik) 7 sampai 12 kali hingga ada informasi "Anda sudah menjadi pengembang" (you are now a developer)

  2. Masuk kembali ke Setelan/Pengaturan (Settings) → Pindah atau scroll ke SISTEM & PERANGKAT


  3. Tap Setelan tambahan (Additional Settings) → tap Developer options/Opsi Pengembang

  4. Pindah ke USB Debugging dan klik untuk mengaktifkan USB Debugging.



  5. Selanjutnya scroll atau geser ke bawah dan pilih Select USB Configuration → tap MTP (Protokol transfer media) bila belum berada pada mode ini.



  6. Tap klik Select USB Configuration untuk memilih mode transfer yang dikehendaki dan hasilnya akan muncul seperti tampilan berikut.



  7. Selanjutnya coba kembali ke Windows explorer dan tampilan akan menjadi seperti berikut, jika tidak boleh klik kanan di area Windows explorer itu dan pilih Refresh.

  8. Selanjutnya kita bebas transfer data apa saja dan di mana saja, hanya berhati-hatilah jika tidak tahu persis dengan apa yang anda lakukan.

Oh ya, kalau mencari hasil Screenshoot yang ingin dipindah dari hp ke komputer carilah dalam folder DCIM, kalau tidak terbiasa bingung juga ini mencarinya.

Demikian catatan saya.
Bagikan di

1 komentar:

 
Copyright © 2015-2018 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info