Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Rabu, 19 Oktober 2016

Data energi ionisasi suatu unsur dapat digunakan untuk memperkirakan golongan unsur dalam tabel sistem periodik unsur. Berdasarkan data energi ionisasi untuk elektron ke-n ini dapat dilihat pada elektron ke berapakah terjadi perubahan energi ionisasi yang relatif sangat besar. Terjadinya lonjakan perubahan energi ionisasi ini dikarenakan transisi dari kondisi yang sebelumnya kurang stabil menjadi jauh lebih stabil. Karena sudah stabil maka untuk melepaskan elektron pada tingkat energi tersebut diperlukan energi yang jauh lebih besar. Sebagai petunjuk pada konfigurasi elektron biasa jumlah elektronnya telah mencapai oktet (berjumlah 8 elektron untuk unsur bernomor 6 atau lebih atau berjumlah 2 elektron untuk unsur bernomor kurang dari 6).

Soal Nomor 1:
Berikut ini berturut-turut adalah delapan energi ionisasi unsur dengan satuan kJ/mol:
703, 1610, 2460, 4350, 5400, 8650, 10300, 12300.
Termasuk golongan berapakah unsur tersebut?

Pembahasan soal nomor 1: 
Beda energi ionisasi antara elektron dapat dilihat pada tabel berikut, lonjakan nilai energi ionisasi terjadi setelah elektron ke-5 menuju elektron ke-6, ini dapat diartikan setelah melepaskan 5 elektron unsur tersebut jauh lebih stabil. Jadi dapat pula diperkirakan bahwa unsur tersebut berada pada golongan 5A.


Soal Nomor 2:
Diketahui energi ionisasi sembilan elektron pertama suatu unsur berurutan sebagai berikut (kJ/mol):
1000, 2300, 3400, 4600, 7000, 8500, 27100, 31700, 36600.
Termasuk golongan berapa unsur tersebut?

Pembahasan soal nomor 2: 
Beda energi ionisasi antara elektron dapat dilihat pada tabel berikut, lonjakan nilai energi ionisasi terjadi setelah elektron ke-6 menuju elektron ke-7, ini dapat diartikan setelah melepaskan 6 elektron unsur tersebut jauh lebih stabil. Jadi dapat pula diperkirakan bahwa unsur tersebut berada pada golongan 6A.

Soal Nomor 3:
Berikut ini adalah grafik energi ionisas pertama beberapa unsur. Di antara unsur A, B, C, D, E manakah yang menunjukkan unsur golongan alkali?
Pembahasan soal nomor 3: 
Golongan alkali dalam sistem periodik unsur menempati posisi paling sebelah kiri (golongan 1A). Unsur-unsur golongan alkali akan memiliki energi ionisasi pertama paling rendah dibanding unsur seperiode karena jari-jari atom yang relatif lebih besar sehingga untuk melepaskan elektron pada kulit terluarnya relatif lebih mudah (dibutuhkan energi yang lebih rendah pula).

Soal Nomor 4:
Manakah grafik energi ionisasi pertama yang benar yang menunjukkan unsur dari golongan 3A?
Pembahasan soal nomor 4:
Untuk unsur golongan 3A trend (kecenderungan) energi ionisasinya adalah perlahan naik hingga energi ionisasi ketiga hingga menjadi lebih stabil. Setelah melepaskan 3 elektron pertama sampai mencapai kestabilan konfigurasi elektron maka energi ionisasi keempat akan lebih sulit atau diperlukan energi yang lebih besar. Grafik yang sesuai dengan keadaan unsur golongan 3A adalah grafik D.

CMIIW

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info