Visual Atom (Sebuah Pemodelan 2D dan 3D)

Kamis, 13 Agustus 2020 edit

Pemodelan atom sangat membantu memberikan penggambaran yang mungkin mendekati kebenaran. Terutama untuk siapapun yang baru mengenal dunia kimia. Detil nyata atom hingga detik ini sulit untuk dilihat, yang ada adalah digambarkan secara virtual berdasarkan sifat dan gejala saja, apa lagi hingga inti atom (proton dan neutron) serta elektron yang mengitarinya. Ada banyak aplikasi yang dapat dijalankan di sistem android maupun iOS dan juga sistem windows maupun yang berbasis linux baik visual 2D/3D maupun AR. Tujuan adalah membuat pemodelan agar lebih mudah dimengerti bagi siapapun.


Format aplikasi itu biasa dikemas dalam ukuran yang cukup ringkas bahkan ada yang dibuat secara portabel (menjalankan tanpa perlu menginstall pada sistem). Untuk mendapatkannya, cukup ketik di play store atau google dengan kata kunci "atom visualizer". Tidak lama akan banyak pilihan untuk digunakan memperkaya media yang akan dibuat.

Walaupun visualnya belum tentu memenuhi ekspekstasi kimia teori namun setidaknya sudah dapat memberi gambaran awal kepada siswa atau siapapun yang baru mengena kimia. Beberapa visual tersebut dapat ditampilkan dalam layar desktop untuk dijadikan pembelajaran bersama siswa.

Contohnya seperti tampak pada video berikut.


Video ini merupakan tangkap layar dari aplikasi Atom Visualizer.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info