Crocodile Chemisty (Virtual Lab Kimia Software Kedua Diulas di Blog ini)

Rabu, 19 Agustus 2020 edit

Di blog ini telah dibahas tutorial virtual laboratorium dengan nama software VLab. VLab tersebut banyak keterbatasannya. Kali ini dibahas sekilas tentang Crocodile Chemistry yang jauh lebih komplit. Dapat dirancang sendiri dari nol, dapat disimpan untuk persiapan praktikum kimia yang akan datang.

Mungkin beberapa sudah ada yang menggunakan, namun biasanya ada kendala dalam penggunaan aplikasi tersebut. Dengan aplikasi Crocodile Chemistry, sebut saja CroChemLab, kita dapat mengonstruksi skenario praktikum secara mandiri dan menyimpannya. Sudah pasti pengguna juga dapat langsung menggunakan simulasi percobaan yang tersedia. Bila mau pengguna juga bisa menyalin filenya untuk diedit dan diganti bahasa pengantar ke Bahasa Indonesia.


Bagaimana cara menggunakannya tidak sulit, menu help dan tutorial dapat kita akses, yang akan terbuka dengan menggunakan browser. Karena dibuka dengan browser seperti Chrome dan sejenisnya maka kita bisa klik untuk mengalihbahasakan sehingga dapat lebih mudah dipahami. Tutorial awal dari menu help sudah dialihbahasan menggunakan Google translate dapat diunduh dari tautan ini. Pengguna dapat mengikuti instruksi mulai dari men-setup praktikum sendiri seperti praktikum nyata.

Pada aplikasi CroChemLab ini, sediaan bahan kimia dan alat cukup lengkap. Untuk praktikum tingkat SMA/MA sudah memadai. Bagaimana cara menggunakan, menyusun petunjuk praktikum, dan menyiapkan alat bahan praktikumnya dapat disimak pada demo dalam beberapa video berikut.

1. Pengenalan Menu dan Fitur CroChemLab



2. Menerjemahkan teks pada penuntun praktikum di CroChemLab



3. Cara Plotting Grafik untuk Crocodile Chemistry



4. Contoh Percobaan Reaksi Endoterm - Eksotem Menggunakan CroChemLab



5. Contoh Percobaan Elektrokimia Sederhama Menggunakan CroChemLab



6. Contoh Percobaan Pendefinisian Laju Reaksi Menggunakan CroChemLab



7. Contoh Percobaan Pengukuran Laju Reaksi Menggunakan CroChemLab



8. Contoh Percobaan Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi Menggunakan CroChemLab



9. File terjemahan beberapa simulasi CrochemLab


Ikuti kanal www.youtube.com/uriprukim untuk mendapatkan pembaharuan video tutorial tentang CroChemLab.

Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info