Penamaan Senyawa Biskloalkana

Rabu, 17 Agustus 2016

Berikut ini adalah beberapa contoh penamaan senyawa bisikloalkana. Atom karbon pada titik A dan B sebagai titik acu [penomoran] dalam beberapa referensi sering disebut sebagai brigdehead carbons. Pemberian nomor dalam penamaan bisikloalkana dari atom C di titik A ke atom C di titik B (A dan B sebagai bridgehead carbons) dapat ditempuh melalui 3 jalur.

Sebagai contoh untuk bisklo[2,2,1]heptana di bawah ini dapat ditempuh melalui:
  • titik A →  titik pink → titik pink → titik B ( 2 atom C)
  • titik A →  titik biru → titik biru → titik B (2 atom C)
  • titik A → titik merah → titik B (1 atom C)

    Bila pada alur dari A ke B ditemui jumlah atom C yang berbeda maka urutan penulisannya dimulai dari jumlah atom C terbanyak. Bila tidak terdapat atom C pada alur dari A ke B maka ditulis 0 (nol) seperti pada bisiklo[3,2,0]heksana.


    Penomoran pada bisikloalkana
    Bagaimana bila senyawa bisikloalkana bercincin beda? Prioritas penomoran adalah yang mengarah ke cincin dengan jumlah atom C yang lebih banyak. Dimulai dari salah satu titik A atau titik B.

    Bagaimana bila pada bisikloalkana tersebut bercabang, misalnya cabang berupa alkil? Aturan urutan prioritas tetap sama sebagaimana aturan umum dalam penamaan pada kimia organik. Lebih jelas dapat disimak pada struktur senyawa berikut.




    Demikian.

    Bagikan di

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

     
    Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info