Memanipulasi Struktur Molekul dengan Orbital Hibrida Atom Pusat sp3d yang Tidak Dapat Menampilkan Lobe atau PEB di Jmol

Rabu, 20 Oktober 2021 edit

Prinsip untuk menambahkan cuping (lobe) dan pasangan elektron bebas (PEB) yang ditandai dengan 2 tanda titik harus lebih dahulu mengetahui koordinat posisi cuping/PEB tersebut. Cara termudah adalah dengan memanipulasi struktur yang sudah teroptimasi menggunakan ChemDraw.

Bagikan di

Unduh File Gambar Konfigurasi Elektron Format Vektor (CDR, CDX, SVG, DOCX, PPTX)

Rabu, 13 Oktober 2021 edit

Berikut ini dibagikan format gambar konfigurasi elektron format cdx (ChemDraw), format cdr (CorelDraw), format svg (vektor), format docx (Ms. Word), dan format pptx (Ms. Powerpoint). File tersebut semua tersimpan dalam google drive. Silakan unduh dan dimodifikasi (menambah/mengurangi/mengganti/menghapus garis bantu dll.) untuk kebutuhan pembuatan bahan ajar kimia untuk materi struktur atom, ikatan kimia dan lain-lain. Hasil editan dapat dilakukan tangkap layar. Jangan lupa untuk membuat salinannya lebih dahulu.

Bagikan di

Memanipulasi Struktur Molekul 3D yang Sulit Ditampilkan Cuping dan PEB Menggunakan Jmol

 Bila ingin menampilkan cuping dan pasangan elektron bebas strutkur molekul 3D di Jmol biasanya dapat dilakukan secara langsung menggunakan perintah di Console lcaocartoon atau lcaocartoon lonepair ditambah identitas orbital hibrida atom pusat molekul. Namun beberapa di antaranya tidak dapat dilakukan dengan perintah tersebut. Berikut ini cara memanipulasi struktur molekul 3D agar cuping dan PEB dapat divisualkan. Dicontohkan pada struktur molekul XeF2.

Bagikan di

Solusi Service Apache di Zwamp Tidak Dapat Diaktifkan (Tidak Dapat Dicentang)

Sabtu, 02 Oktober 2021 edit

Kasus ini muncul ketika hendak menjalankan Apache di Zwamp di Windows 10 64bit. Biasanya Apache ini mudah diklik untuk dicentang agar aktif. Nyatanya ada kasus hal ini tidak dapat dilakukan sehingga file html atau yang lain tidak dapat dimuat/ditampilkan di browser. Solusi yang dapat dilakukan dengan mengubah konfigurasi Apache Main. Berikut langkah yang dapat ditempuh.

Bagikan di
 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info