Simulasi Interaktif Uji Daya Hantar Listrik (Konduktivitas)

Senin, 07 Januari 2019 edit

Berikut ini sumber belajar kimia pokok bahasan uji daya hantar listrik (konduktivitas), Kimia Kelas 10. Secara virtual terdapat sumber belajar yang menyajikan alat simulator uji daya hantar listrik dan bersifat interaktif. Dapat dilakukan percobaan secara virtual dan mengamati proses dan gejala yang dihasilkan.

Banyak gejala atau proses yang secara visual sulit dimengerti karena prosesnya dalam tingkat molekul atau ion. Salah satu alternatif media bentuk animasi sederhana dapat menolong sehingga proses kimiawi relatif mudah dipahami.




Berdasarkan pengalaman banyak situs dengan konten bagus, sangat membantu pembelajaran kini malah tidak dapat diakses kembali. Untuk mengantisipasinya penulis berinisiatif mengunggah kembali  media tersebut. Berikut ini animasi yang tersedia di www dot chembio dot uoguelph dot ca.

Simulasi memang dibuat dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari pokok bahasan uji daya hantar listrik. Siswa dapat mencoba simulasi ini sendiri. Dapat membandingkan larutan jenis mana yang termasuk larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, larutan non elektrolit.

Caranya, buka file tersemat atau menguduhnya lebih dahulu dan menjalankan pada aplikasi yang direkomendasikan untuk membuka file tipe wsf. Tutorial untuk ini ada di bagian akhir tulisan.

  1. Tentukan jenis larutan dengan klik pointer larutan zat dan mengubah volume/konsentrasi bila perlu kemudian klik tombol Predict (pada simulator 1), atau klik tombol Connect (pada simulator 2 dan 3). 
  2. Bila sudah selesai mengamati dan ingin menguji larutan jenis lain klik tombol Reset (pada simulator 1) atau klik tombol Disconnect (pada simulator 2 dan 3).


Simulator Uji Daya Hantar Listrik 1.
Konsentrasi tetap, volume dapat diubah, terdapat indikator intensitas/kekuatan daya hantar listrik, serta pH.
Dilengkapi dengan perbesaran mikroskopis spesi dalam larutan.

Simulator Uji Daya Hantar Listrik 2
Konsentrasi dan volume dapat diubah, hanya menunjukkan kekuatan daya hantar berdasar terang redup lampu.


Simulator Uji Daya Hantar Listrik 3
Konsentrasi dan volume dapat diubah, hanya menunjukkan kekuatan daya hantar
berdasar terang redup lampu serta bar indikator daya hanyar listrik.

Terdapat 3 macam simulator uji daya hantar listrik untuk larutan asam, basa, garam, dan larutan yang tidak diketahui jenisnya.

1Konsentrasi tetap, terdapat sinyal intensitas/
kekuatan daya hantar listrik, serta pH.
Dilengkapi dengan pembesaran
mikroskopis spesi dalam larutan.
LihatUnduh
2Konsentrasi dan volume dapat diubah,
hanya menunjukkan kekuatan daya hantar
berdasar terang redup lampu.
LihatUnduh
3Konsentrasi dan volume dapat diubah,
hanya menunjukkan kekuatan daya hantar
berdasar terang redup lampu serta bar
indikator daya hanyar listrik.
LihatUnduh

Cara mendonwload/mengunduh animasi
Untuk animasi yang terdapat di halaman ini silakan klik tautan unduh untuk tiap animasi.

Bagaimana jika ingin mengunduh file berformat swf (animasi) yang ada di halaman tertentu dari weblog lain yang tidak tersedia tautan unduh atau download?

Bila pengguna menggunakan peramban Chrome, silakan memasang ekstensi Flash Video Downloader ini. Atau ekstensi lain yang sejenis misalnya yang ini.

Software untuk menjalan animasi
Animasi ini formatnya adalah swf. Untuk menjalankannya gunakan aplikasi yang bersifat berdiri sendiri seperti Swiff Player atau sejenisnya.

Bila belum pernah memasang (meng-install) di komputer silakan unduh lebih dahulu di sini dan menginstallnya. Silakan klik ganda saja kalau mau memasangnya, atau klik kanan kemudian pilih Run as administrator. Ikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai.

Untuk membuka file animasi hasil unduhan jalankan aplikasi Swiff Player dan buka melalui menu File >> Open dan cari letak file swf pada folder tempat unduhan.

Atau dapat pula dijalankan pada peramban (browser) yang sudah terpasang plug in Adobe Flash Player. Saran penulis sebaiknya menggunakan yang pertama saja.

Bagi pembaca yang punya rekomendasi untuk media pembelajaran pokok Uji Daya Hantar Listrik, silakan ditulis di kolom komentar agar nanti dapat ditambahkan dalam tabel. Tujuannya adalah agar siswa dan rekan guru kimia lebih mudah memperoleh referensi sumber belajar kimia. Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info